Viva.co.id: Berita Hari Ini Terbaru Terkini dan Terpopuler

img_title

Lala Karmela

seniman
2 April 1985
s/d
Sekarang
img_title img_title
Sempat berkarier di Filipina, Lala Karmela kembali ke Indonesia. Ia pun melebarkan sayapnya dari menyanyi menjadi pemain sinetron dan film.

Lala Karmela dikenal sebagai penyanyi sekaligus artis tanah air. Namanya berkibar setelah bergabung dengan band Inersia. Kemampuannya cukup diperhitungkan, pemilik nama lengkap Karmela Mudayatri Herradura Kartodirdjo ini telah mengantongi anugerah Pendatang Baru Wanita Terbaik versi Indonesia Box Office Movie Awards 2016.
 
Wanita kelahiran Bandung, 2 April 1985 ini adalah putri dari pasangan Eko Kartodirjo dan Marie Herradura. Ayahnya adalah orang Indonesia asli, sedangkan sang ibu berasal dari Filipina.
 
Lala sempat membintangi sinetron Senandung Masa Puber, baru setahun berikutnya ia bergabung dengan grup musik Inersia. Lewat penampilannya di grup music tersebut, Lala dilirik oleh Booking Agent di Filipina bernama Ronnie Henare.
 
Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia, Lala mendapatkan kontrak eksklusif dari dapur rekaman di Warmer Music Philippines. Ia pun terbang ke tanah kelahiran ibunya. Dirinya berkalirer sebagai penyanyi selama 3 tahun di sana.
 
Pada tahun 2007, Lala merilis single Waitin dan Unsaid yang berduet dengan penyanyi papan atas Christian Bautista. Selang dua tahun, tepatnya akhir tahun 2009, Lala kembali ke tanah air dan melanjutkan karier bermusiknya.
 
Lala yang berada di naungan Soni Music Indonesia ini pun merilis single Buka Semangat Baru bersama Ello, Ipang, dan Beery Saint Loco. Lagu tersebut dijadikan jingle Coca Cola versi Indonesia. Ini adalah titk awal Lala berkarier di belantika music tanah air.
 
Pada tahun 2010, Lala merilis album bertajuk Kamu, Aku, Cinta dan mengganti nama panggungnya yang semula Lala menjadi Lala Karmela. Salah satu lagu yang berada di album perdana Lala bertajuk Satu Jam Saja digunakan sebagai original soundtrack film berjudul sama yang rilis tahun 2011.
 
Pada tahun 2012, Lala memilih keluar dari Sony Music Indonesia dan berpindah ke label independen Sinjitos Records. Selang setahun ia meluncurkan album ketiganya bertajuk Between Us.

Masih di tahun yang sama, Lala mendapat kesempatan untuk menyanyikan lagu ciptaan Presiden RI kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono bertajuk Malam Sunyi di Cipaganti.
 
Selain menggeluti bidang tarik suara, Lala juga menjajal kemampuan beraktingnya. Penampilan pertamanya yaitu saat tahun 2008 pada film Seleb Kota Jogja sebagai Gendis.

Film kedua yang pernah dibintanginya yaitu Ngenest yang disutradarai oleh komika Ernest Prakarsa.  Lewat film ini, Lala dianugerahi sebagai Pendatang Baru Wanita Terbaik, Indonesia Box Office Movie Awards 2016.

Pada tahun 2017, Lala kembali bermain dalam Bukaan 8 sebagai Mia, pemeran utama wanita di film tersebut. Diceritakan Alam (Chicco Jerikho) dan Mia adalah pasangan yang bertemu di dunia maya.

Namun, hubungan mereka tidak direstui oleh orang tua Mia karena menganggap Alam tidak punya penghasilan tetap dan hanya sibuk bermain social media.

Saat Mia akan melahirkan, Alam berusaha keras untuk membuktikan kalua dirinya adalah suami idaman. Alam berusaha agar Mia bisa melahirkan di rumah sakit ternama, namun sayangnya uang Alam tidak cukup karena paket promo rumah sakit tersebut telah berakhir.
 
Setelah membintangi Bukaan 8, pada tahun 2018 Lala berakting dalam film Partikelir yang disutradari oleh komika Pandji Pragiwaksono.

Dalam film tersebut, Lala beradu akting dengan artis Deva Mahenra, Aurelie Moeremans, Ardit Erwandha, Dodit Mulyanto, Farah Quinn, Cok Simbara, Gading Marten, hingga Luna Maya. Di sini lagi-lagi, Lala membuktikan kualitas aktngnya. (AC/DN)  (Foto/Instagram/Lalakarmela)
 
 
KELUARGA
Orangtua            : Eko Kartodirjo dan Marie Herradura
 
PENDIDIKAN
D3 Sastra Inggris Universitas Indonesia (2006)
S1, Hukum, Universitas Atma Jaya (2016)
 
KARIER
Diskografi
Stars (2007)
Kamu, Aku, Cinta (2010)
Between Us (2013)
Solina (2016)
 
Single 
Waitin (2007)
What About You (2008)
Unsaid (feat. Christian Bautista) (2008)
Buka Semangat Baru (bersama Ello, Ipang, dan Beery St. Loco) (2010)
Hasrat Cinta (2010)
Satu Jam Saja (untuk lagu tema film Satu Jam Saja) (2011)
Omong Kosong (2011)
Morning Star (2012)
Selamanya (2012)
Lets Go For a Ride (2013)
A Night to Remember (2014)
Matahari (2016)
Jingga (2016)
 
Film
Seleb Kota Jogja (SKJ) (2008)
Ngenest (2015)
Bukaan 8 (2017)
Partikelir (2018)
Kuambil Lagi Hatiku (2019)
 
Sinetron
Senandung Masa Puber
Di Sini Ada Cinta
Incredible Tales
 
PENGHARGAAN
Pendatang Baru Wanita Terbaik, Indonesia Box Office Movie Awards 2016


Berita Terkait
Gandeng Lala Karmela, Sandhy Sondoro Bikin Lagu untuk Anaknya

Gandeng Lala Karmela, Sandhy Sondoro Bikin Lagu untuk Anaknya

Musik

13 Februari 2020
Isi Deklarasi Alumni UI Dukung Jokowi Dibacakan Lala Karmela

Isi Deklarasi Alumni UI Dukung Jokowi Dibacakan Lala Karmela

Politik

12 Januari 2019
Lala Karmela Hobi Berwisata, Ingin Taklukan Dua Gunung

Lala Karmela Hobi Berwisata, Ingin Taklukan Dua Gunung

Lifestyle

5 Maret 2016
Target Lala Karmela pada 2016: Jadi Sarjana Hukum

Target Lala Karmela pada 2016: Jadi Sarjana Hukum

Arsip

7 Januari 2016
Dua Versi Bahasa dalam Single Baru Lala Karmela

Dua Versi Bahasa dalam Single Baru Lala Karmela

Arsip

12 Februari 2015
Lala Karmela, Antara Toilet dan Alanis Morissete

Lala Karmela, Antara Toilet dan Alanis Morissete

Arsip

26 Oktober 2012
FOTO: "Satu Jam Saja" Bersama Lala Karmela

FOTO: "Satu Jam Saja" Bersama Lala Karmela

Arsip

23 Oktober 2012
Share :