Menkumham Luncurkan IP Market Place dan Logo Baru Indikasi Geografis

Menkumham Yasonna H. Laoly (Kiri) bersama Plt. Dirjen Kekayaan Intelektual Razil saat meluncurkan IP Market Place dan Logo Indikasi Geografis pada Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022 di Graha Pengayoman, Selasa, 26 April 2022.
Sumber :

VIVA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) meluncurkan IP Market Place dan Logo Baru Indikasi Geografis pada Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022 yang digelar di Graha Pengayoman, Selasa, 26 April 2022.

Kemenkumham Jatim Terapkan One Stop Service untuk Calon Jemaah Haji 2024, Apa Itu?

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly secara resmi meluncurkan program unggulan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham yaitu IP Marketplace yang merupakan wadah promosi berbentuk kanal website yang mempertemukan para pemilik kekayaan intelektual (KI) dengan pembeli dan investor secara langsung.

“DJKI akan membantu promosi KI melalui IP Marketplace. Kita akan sediakan website yang bentuknya seperti e-commerce, tetapi yang dijual adalah KI. Nanti akan ada informasi yang lengkap, siapa pemilik dan pemegang haknya,” kata Yasonna pada acara Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun 2022 di Graha Pengayoman, Selasa, 26 April 2022.

Presiden WAML dan Menkumham Bertemu, Bahas Hak Kesehatan Narapidana

Hal senada juga diungkapkan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen KI) Razilu bahwa dibangunnya IP Market Place merupakan sebagai bentuk wujud perhatian pemerintah dalam membantu para penghasil produk KI.

“Ini merupakan program unggulan DJKI dalam membantu mengkomersialisasikan para penghasil produk kekayaan intelektual di lokapasar,” ujarnya.

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Selain itu, Yasonna juga meresmikan logo baru indikasi geografis (IG) yang kini dibalut warna merah dan putih. Komposisi warna merah putih melambangkan warna bendera bangsa Indonesia menunjukkan produk indikasi geografis yang berasal dari Indonesia.

Filosofi warna logo baru memiliki makna berani dalam hal ini menunjukkan daya saing produk-produk IG Indonesia di pasar nasional dan internasional. Sedangkan, warna putih memiliki makna suci dalam hal ini niat tulus dan suci dalam melindungi produk-produk IG Indonesia.

“Kita berharap logo baru dapat menggerakkan roda perekonomian di Indonesia dan meningkatkan antusiasme masyarakat untuk melakukan pendaftaran Indikasi Geografis,” pungkas Yasonna.

Diharapkan dengan adanya logo baru IG ini, para pemangku kepentingan seperti masyarakat produsen dan penjual produk IG senantiasi mencantumkan logo IG pada setiap kemasan produk IG Indonesia terdaftar.

Hal ini tentunya akan memberikan jaminan keaslian dan mutu serta memudahkan promosi produk-produk Indikasi Geografis terdaftar kepada konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya