Anggota DPR Soroti Penolakan Pendirian Gereja di Cilegon

Anggota Komisi I DPR RI, Prananda Surya Paloh
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Anggota Komisi I DPR RI, Prananda Surya Paloh. Menyesalkan peristiwa penolakan pendirian bangunan Gereja HKBP Maranatha oleh masyarakat yang terjadi di Cilegon, Banten.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Pasalnya, penolakan itu dinilai dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab penolakan terjadi disaat Pemerintah daerah dan pemerintah desa telah mengeluarkan izin pendirian bangunan Gereja.

"Saya turut menyesalkan penolakan pendirian gereja di Cilegon. Apalagi jika pembangunannya sudah mendapat izin dari aparat desa dan masyarakat setempat," kata Prananda kepada wartawan, Selasa (13/9/2022). 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Lebih lanjut, Ketua Fraksi Partai NasDem DPR RI itu. Menegaskan penolakan terhadap pembangunan rumah ibadah mestinya tak terjadi lagi di Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila.

Dimana kebebasan beragama menjadi salah satu semangatnya, sekaligus dijamin dalam konstitusi negara.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Tentu hal seperti ini mestinya tidak boleh terjadi di negara Pancasila, dimana kebebasan beragama menjadi bagian pilarnya sekaligus amanah konstitusi," sambungnya.

Guna menyelesaikan persoalan tersebut, Prananda mendorong agar Pemda setempat membuka ruang dialog. Terlebih permasalahan seperti ini harus segera diselesaikan mengingat isu tersebut riskan untuk digoreng dan dijadikan komoditas politik menjelang Pemilu 2024.

"Mari berlapang dada dan berdialog, jangan jadikan persoalan ini sebagai isu politik. Karena politik identitas justru akan merusak masyarakat, dan itu yang harus kita cegah bersama," ajak Prananda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya