GKSB DPR Dorong Ekspor Sarang Burung Walet Indonesia ke China

GKSB DPR RI Indonesia - China
Sumber :
  • DPR RI

VIVA – Anggota Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-China Daniel Johan mendorong peningkatakan kerja sama kedua negara khususnya ekspor sarang burung walet dari Indonesia untuk masuk ke pasar China.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan Wakil Ketua Parlemen China Chen Zu didampingi Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang dan anggota perlemen China Zhijun Zhang, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

“Saya mendapat aspirasi dari masyarakat yaitu petani walet agak kesulitan mengekspor hasil sarang walet ke China. Kami harap China memberikan kemudahan sarang walet Indonesia untuk bisa masuk ke China,” kata Daniel.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Menurut dia, sarang burung walet merupakan produk unggulan Indonesia terutama di Kalimantan Barat sehingga diharapkan bisa masuk ke pasar China.

Dalam pertemuan tersebut, Daniel menjelaskan hubungan Indonesia-China sudah terjalin sejak lama bahkan sejak nenek moyang Presiden Ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Menurut dia, Gus Dur merupakan keturunan Putri Champa Majapahit yang secara genealogis merupakan keturunan Tionghoa dari pernikahan raja terakhir Majapahit yaitu Prabu Brawijaya V dan Putri Champa. 

"Keduanya memiliki dua anak, seorang pria bernama Tan Eng Hiang dan perempuan bernama Tan A Lok. Tan Eng Hiang kemudian mengubah nama menjadi Raden Patah merupakan pendiri Kerajaan Demak dan Tan A Lok menikah dengan seorang muslim keturunan Tionghoa bernama Tan Kim Han," katanya.

Menurut dia, Tan Kim Han memiliki anak yang bernama Raden Rachmat atau dikenal sebagai Sunan Ampel yang salah satu keturunannya adalah KH. Hasyim Asy'ari, kakek Gus Dur sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Wakil Ketua Parlemen China Chen Zu menyambut baik aspirasi yang disampaikan Daniel Johan, bahkan negaranya siap mendorong agar produk sarang walet Indonesia masuk ke China.

Dia menyambut baik Indonesia bisa mengekspor produk sarang burung walet unggulan dari Indonesia masuk ke pasar China.

Menurut dia, kualitas sarang burung walet dari Indonesia sangat baik dan masyarakat China percaya sarang burung walet sangat bergizi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya