Ganjar Pranowo: Kaltim, Provinsi Cukup Maju di Luar Pulau Jawa

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama Wagub Kaltim, H. Hadi Mulyadi
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan Provinsi Kaltim merupakan salah satu provinsi di nusantara yang cukup maju di luar pulau jawa.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Penegasan Ganjar Pranowo disampaikan saat menerima kunjungan Studi Tiru Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kaltim ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin langsung Wakil Gubermur Kaltim H Hadi Mulyadi, yang digelar di Aula Gedung B Lantai 5 Kantor Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Rabu (21/6/2023)

Ganjar Pranowo menambahkan Kaltim selain maju, juga memiliki pemimpin yang luar biasa, serta daerah yang sangat luas.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

"Kalau melakukan kunjungan ke Kaltim dari ujung ke ujung memerlukan waktu berhari-hari. Dan itu juga dirasakan saat melakukan kunjungan dari Semarang ke Cilacap sangat melelahkan," ungkapnya.

Bukan itu saja, lanjutnya, Kaltim untuk kapasitas fiskalnya penting sekali termasuk PAD juga tinggi dari DAU.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

"Dan itu terlihat dari wajah-wajah tamu undangan dari Kaltim," candanya.

Ganjar Pranowo juga menjelaskan, kalau melihat dari sisi kerukunan umat beragama dan toleransinya juga cukup bagus, dimana semua suku banyak mencari rezeki ke Kaltim.

Menurut dia, kalau datang ke Kaltim juga banyak suku-sukunya termasuk suku Jawa seperti dari Wonogiri dengan kuliner bakso Wonogiri, Sragen, Sidoarjo, termasuk suku lainnya yang mendapatkan rezeki disana.

"Suasana daerahnya sangat menarik dan asyik, jadi Kaltim dari sisi kerukunannya sangat bagus sekali," tandasnya.

Dikesempatan ini, Ganjar juga menyampaikan selamat datang kepada Wagub Hadi Mulyadi yang memimpin rombongan Studi Tiru FKUB Provinsi Kaltim di Provinsi Jateng.

Tidak lupa Ganjar berbagi pengalaman bagaimana menjaga relasi antar umat beragama, termasuk cerita antara Kaltim dengan Jawa Tengah komitmen menjaga keberagaman sangat bagus, serta komitmen menjaga masyarakat bisa mendapatkan ruang waktu dalam menjalankan ibadah.

Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beserta jajarannya termasuk FKUB Jateng yang telah memerima kunjungan Studi Tiru FKUB Kaltim.
Studi Tiru FKUB Kaltim ke Jateng adalah ingin banyak belajar dengan FKUB Jawa Tengah dan provinsi berpenduduk 37 juta jiwa pasti banyak ragam masalah yang dihadapi.

"Tetapi kita melihat Pak Ganjar dengan kepemimpinannya bersama FKUB Jateng telah berhasil membangun kehidupan yang harmonis. Kita lihat dari indeks toleransi itu cukup baik, sebab 10 kota masuk toleransi terbaik di Indonesia dan ada empat dari Jateng. Karena itu, kami perlu banyak belajar. Saya kira kita memang harus banyak belajar dan Jawa Tengah menjadi pilihan kami dalam mewujudkan toleransi beragama di Kaltim," paparnya.

Kegitan Studi Tiru dihadiri Kepala Kanwil Kemenag H Abdul Khaliq, Ketua FKUB H Asmuni Alie beserta anggota. Ketua MUI KH Abdul Rasyid. Perwakilan Kesbangpol Kaltim, Kakanwil Kemenag Jateng H Musta'in Ahmad, Ketua MUI Jateng KH Ahmad Daroji. Ketua FKUB Jateng beserta anggota, Kepala Kesbangpol Jateng Agung serta Asisten 1 Setdaprov Jateng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya