Awali Kunker ke Wilayah Utara, Gubernur dan Wagub Tanam Pohon Sukun di Sungai Siring

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melakukan penanaman buah
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda menjadi titik pertama lokasi kunjungan kerja Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kalimanfan Timur ke wilayah utara, pada 1-4 Agustus 2023.

PSI Buka Pendaftaran Bagi yang Ingin Maju Pilkada, Siapa Saja Bisa Ikut

Di kawasan lahan reklamasi eks tambang PT Lanna Harita Indonesia tahun 2009-2014, diawali dengan penandatanganan prasasti, Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi didampingi Anggota DPD RI Dapil Kaltim Nanang Sulaiman, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi dan perangkat daerah terkait melakukan penanaman bibit pohon sukun, sebagai tanaman cover dari pohon durian yang telah di tanam di lahan tersebut.

Gubernur Isran Noor mengatakan Kaltim terkenal dengan sumber daya alamnya termasuk kawasan hutan yang menjadi sorotan dunia dan menjadi pokok bahasan oleh para penggiat lingkungan, karena terjadi deforestasi hutan dan degradasi lahan.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Penanaman pohon buah di kawasan lahan reklamasi eks tambang ini, menurut Isran, merupakan salah satu upaya dalam rangka reboisasi hutan sekaligus mendukung program penghijauan, sekaligus ketahanan pangan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

“Terima kasih kepada para swasta khususnya pengusaha yang telah berkontribusi dalam melakukan penghijauan kembali lahan di wilayah Kaltim,” ucap Gubernur Isran Noor usai menyerahkan penghargaan partisipasi perusahaan pada program penanaman pohon buah untuk penghijauan kepada 16 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kaltim.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Gubernur Isran Noor juga sempat berpamitan kepada warga Kelurahan Sungai Siring dan Kota Samarinda, karena pada September 2023 bersama dengan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi mengakhiri masa tugasnya sebagai kepala daerah di Kaltim.

“Di kawasan Sungai Siring terdapat Bandara APT Pranoto yang bermanfaat bagi masyarakat banyak, tidak hanya bagi warga Samarinda, tetapi Tenggarong, Bontang dan Sangatta. Jadi masyarakat Sungai Siring harus bangga. Saya juga pamit karena September nanti pensiun. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat Kaltim, khususnya di Kota Samarinda,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Isran Noor didampingi Wagub Hadi Mulyadi dan Wakil Wali Kota Samarinda menyerahkan bantuan rumah layak huni (RLH) secara simbolis untuk warga di Kota Samarinda, bantuan pupuk NPK dan herbisida, bantuan BPJS untuk masyarakat tidak mampu, bantuan alat produksi UMKM, bantuan obat-obatan dan BHP kepada Dinas Kesehatan Kota Samarinda, bantuan vaksin rabies kepada Dinas Pertanian Kota Samarinda dan peralatan potong hewan kurban kepada pengurus masjid, bantuan fasilitas miniranch, bantuan 150 unit Alat Pelindung Diri (APD) kepada Desa Tangguh Bencana, bantuan bola kaki serta paket smart class.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya