Jubir Anies: Sektor Jasa Jadi Kunci Urbanisasi di 14 Kota Penggerak Ekonomi

Juru Bicara Anies Baswedan, Thomas Lembong
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyampaikan gagasan yang akan diterapkan saat terpilih menjadi presiden 2024 - 2029 di depan sivitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (19/9/2023). Berbicara di acara Tiga Bacapres Bicara Gagasan yang dipandu Najwa Shihab, Anies menyampaikan pentingnya menambah kota-kota di Indonesia sebagai pusat pengembangan perekonomian, yang saat ini masih terpusat di Jawa bagian barat, khususnya di DKI Jakarta. 

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

"Kita menginginkan kota-kota di seluruh Indonesia. Minimal 14 kota akan menjadi mesin penggerak ekonomi yang memungkinkan bagi semua untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang setara," tegas Anies Baswedan.

Mantan Menteri Perdagangan Thomas Lembong, yang juga juru bicara Anies Baswedan menjelaskan pentingnya mewujudkan 14 kota penggerak ekonomi nasional. Sebagaimana diketahui, fenomena urbanisasi kini menjadi tren semua wilayah urban di dunia. Urbanisasi atau pergerakan masyarakat dari daerah non-kota seperti pedesaan ke perkotaan, menjadi penggerak utama perkembangan ekonomi di hampir semua negara.

Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Anies Bungkam karena Takut Dibilang Geer

“Yang menjadi penting dalam pengembangan perkotaan sebagai mesin ekonomi adalah sektor jasa. Kota adalah sentra berbagai industri jasa, seperti perbankan dan keuangan, kesehatan dan pendidikan, ritel dan properti (real estate), dan hiburan. Semuanya adalah bagian dari sektor jasa. Orang dari daerah datang ke kota untuk cari jasa kesehatan, jasa pendidikan, untuk belanja barang yang menarik dan mencari hiburan. Sebaliknya, daerah di sekitar perkotaan menjadi pemasok buat kota: pasokan pangan, perumahan, pasokan listrik dan air, dan jasa penunjang lainnya,” terang Thomas Lembong. 

Kunci untuk sektor jasa yang dinamis sebagai motor ekonomi perkotaan, yang kemudian memotori daerah-daerah di sekitar perkotaan, ujar dia, adalah keterampilan tenaga kerja.

Nasdem Akui Surya Paloh Minta Anies Angkat Kursi

“Karena sektor jasa ini isinya orang semua, dan pekerjanya harus terampil di bidang keuangan, di bidang kesehatan, di bidang pendidikan, di bidang jasa perumahan, dan sebagainya. Lapangan kerja di sektor jasa adalah lapangan kerja berkualitas tinggi. Satu pusat belanja atau mal besar bisa memperkerjakan lebih banyak pekerja dari lima pabrik, dengan gaji yang baik dan kondisi kerja nyaman. Tapi pekerjanya harus terampil. Jadi yang akan menjadi fokus kita adalah training dan skill, pelatihan teknik jasa dan latihan vokasi. Ini keterampilan praktis yang diperlukan di sektor jasa,” papar Thomas Lembong.

“Sayangnya, pemerintah selama dua dekade terakhir justru fokus ke industri berat, seperti industri logam dan industri pengolahan komoditas. Sektor jasa yang menjadi motor perekonomian di perkotaan relatif terbengkalai,” pungkasnya.

Pemain Timnas Indonesia U-23

Terpopuler: Anggota Polri di Timnas U-23, Rocky Gerung Larang Anies Nyagub

Berita seputar Timnas U-23 yang berlaga di Piala Asia adalah salah satu tema berita yang cukup menarik perhatian pembaca News VIVA, sepanjang Senin kemarin 29 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024