Bea Cukai Tegal Bersama Satpol PP Ringkus Ratusan Ribu Rokok Ilegal

Bea Cukai ringkus rokok ilegal
Sumber :
  • dok. Istimewa

VIVA – Petugas Bea Cukai Tegal bersama Satpol PP Kota Tegal berhasil menggagalkan upaya penyelundupan rokok ilegal dalam operasi pemberantasan barang kena cukai hasil tembakau (BKCHT) ilegal, yang merupakan bagian dari Ops Gempur II 2023.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Penindakan dilakukan pada hari Minggu, 12 November 2023, di daerah Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat. “Tim gabungan mendapat informasi Intelijen terkait pengiriman rokok ilegal menggunakan mobil barang perusahaan jasa titipan (PJT) yang akan melintas di wilayah pengawasan Bea Cukai Tegal,” ungkap Yudiyarto, Kepala Kantor Bea Cukai Tegal.

Petugas Bea Cukai Tegal segera berkoordinasi dan melaksanakan pengawasan untuk mengamati keberadaan mobil tersebut. Sekitar pukul 05.30 WIB, mobil dengan ciri-ciri sesuai informasi berhasil diidentifikasi dan dihentikan untuk dilakukan pemeriksaan.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Dalam pemeriksaan tersebut, ditemukan barang hasil penindakan (BHP) berupa rokok sebanyak 356.000 batang tanpa dilekati pita cukai. Perkiraan nilai barang ini mencapai Rp446.780.000,00 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp302.637.380,00.

Yudiyarto menyatakan keberhasilan operasi ini sebagai langkah signifikan dalam melindungi perekonomian negara dan mencegah perdagangan ilegal yang merugikan. "Kami sangat berterima kasih atas kerja sama yang erat antara Bea Cukai Tegal dan Satpol PP Kota Tegal dalam menjaga keamanan dan keberlanjutan ekonomi di wilayah ini," ujarnya.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

BHP rokok ilegal yang berhasil diamankan selanjutnya akan diselidiki lebih lanjut oleh Bea Cukai Tegal untuk menentukan asal usul dan pihak-pihak terlibat dalam upaya penyelundupan ini. Tindakan tegas akan diambil sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Ops Gempur II 2023 adalah bagian dari upaya bersama Bea Cukai Tegal dan instansi terkait untuk memberantas perdagangan ilegal, khususnya dalam hal barang kena cukai. Melalui operasi ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan perdagangan yang sehat dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024