Kemnaker dan Pemkab Ponorogo Gelar Job Fair, Tersedia Tiga Ribu Loker

Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar Job Fair Ponorogo 2023. Kegiatan yang berlangsung di Ponorogo City Center (PCC) pada 16 s.d 17 November 2023 ini menyediakan 3.069 lowongan kerja.

Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Anwar Sanusi, mengatakan, Job Fair Ponorogo 2023 bertujuan mempertemukan sisi supply (pencari kerja) dan sisi demand (pemberi kerja/Perusahaa) untuk dapat bertemu secara langsung tanpa perantara.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

"Tujuannya agar pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan kompetensinya, dan pemberi kerja mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Perusahaan," katanya saat membuka Job Fair Ponorogo 2023.

Selain itu menurut Anwar, Job Fair ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan secara offline/online, serta menurunkan tingkat pengangguran terbuka.

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Anwar pun mengungkapkan bahwa selama ini masih terjadi ketidaksesuaian antara kebutuhan perusahaan dengan ketersediaan tenaga kerja sesuai kriteria.

"Makanya dengan adanya Job Fair ini kita harapkan sebagai sebuah tempat untuk menemukan titik temu antara permintaan dengan ketersediaan tenaga kerja tersebut," katanya.

Dalam rangkaian Ponorogo Job Fair 2023 juga akan dilangsungkan Launching 5.014 Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Senam bersama dengan 1.000 Petani dan Buruh Tembakau pada 17 November 2023.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengapresiasi kolaborasi Kemnaker dan Pemkab Ponorogo dalam menggelar Job Fair. Hal ini menurutnya akan sangat membantu dalam menekan TPT di Ponorogo.

"Nanti akan ada interview langsung, yang diterima langsung keterima. Semoga dari 3 ribu lowongan semuanya diisi hari ini," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya