Demi Membangun Industri Berkelanjutan, Pertamina Patra Niaga Gelar Business Forum 2023

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina Patra Niaga, SubHolding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) menggelar Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023, di Royal Glass House, Park Hyatt hotel, Jakarta, Kamis (16/11).

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023

Photo :
  • Pertamina

Bertemakan Sustainable Industries: Shaping Tomorrow’s Business”, acara Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023 membahas berbagai isu bisnis terkini dan proyeksi bisnis ke depan, sekaligus memperkenalkan produk dan jasa SubHolding Commercial & Trading melalui ajang pameran (exhibition) sebagai solusi bagi kebutuhan konsumen di lini Business to Business (B2B).

Ini pentingnya Energi Hijau dan Lingkungan Terlindungi untuk Masa Depan

Direktur Pemasaran Pusat & Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya dalam sambutannya menjelaskan banyak tantangan yang dihadapi sebagai pelaku bisnis, mulai dari kompleksitas yang semakin tinggi dan ketidakpastian terhadap ekonomi global. Seperti pada saat pandemi Covid-19, konflik antara Rusia dan Ukraina, eskalasi di kawasan Middle East, isu perubahan iklim, berkurangnya sumber daya masyarakat, hingga El Nino dengan adanya panas yang cukup meningkat membuat transportasi komoditas, baik pangan maupun energi menjadi terbatas.

“Kesadaran akan pembangunan berkelanjutan bukan lagi sebuah pilihan, tetapi telah menjadi sebuah kebutuhan. Bukan lagi kita berbicara tentang bisnis yang menguntungkan secara ekonomi (short-term), namun juga harus memastikan kesejahteraan, kelestarian lingkungan, maupun sosial.  Ini bagaimana Pertamina dan ekosistemnya (mitra bisnis dan stakeholder) perlu berinovasi dan beradaptasi dengan cara yang berkelanjutan,” jelas Maya.

Chandra Asri Group dan Glencore Akuisisi Aset Shell Energy and Chemicals Park Singapore

Lebih lanjut, Maya mengatakan, dengan sinergi dan kolaborasi antara industri, pemangku kepentingan, dan seluruh stakeholder maka berbagai tantangan seperti pemanasan global, sustainable energy, dan renewable energy bisa teratasi.

Hadir sebagai pembicara di sesi Executive Forum, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, Djoko Siswanto mengungkapkan saat ini ketahanan energi di Indonesia berada di angka 6,61 dengan arti berada di kondisi “Tahan”. Hal ini merupakan bagian dari kerja sama antara pemerintah dan Pertamina dalam menjaga ketahanan energi dengan prinsip 4A, yaitu Availability, Accessibility, Affordability, dan Acceptability.

“Dalam aspek Availability dan Accessibility, kami sedang membangun BBM Satu Harga dan membangun fasilitas distribusi BBM hingga ke seluruh pelosok tanah air. Selanjutnya, Affordability, untuk Pertalite dan LPG 3Kg ini pemerintah masih menetapkan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Terakhir, penggunaan energi yang peduli terhadap lingkungan melalui aspek Acceptability dengan Energi Baru Terbarukan (EBT),” ungkap Djoko.

Pertamina Patra Niaga Business Forum 2023 dihadiri oleh para peserta dari lingkungan Pertamina Group, konsumen industri PT Pertamina Patra Niaga Group mulai dari industri petrochemicals, industri pertambangan seperti batu bara hingga perkebunan, serta agen, asosiasi, dan mitra.

Acara ini juga menghadirkan narasumber-narasumber yang merupakan pakar ekonomi dan petinggi perusahaan di sektor teknologi. Lalu menampilkan pameran (exhibition) dari fungsi bisnis dan anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, serta berbagai entertainment yang menarik.

Salah satu peserta forum, Mulyantiningsih dari PT Godrej Customer Products Indonesia memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

“Sangat excited dengan acara ini. Di perusahaan tempat saya bekerja, salah satu bahan baku yang dipakai untuk memproduksi produk kita adalah menggunakan LPG yang lumayan banyak, jadi dengan adanya Pertamina Patra Niaga Business Forum ini saya bisa tahu seperti apa kapasitas Pertamina. Prospek bisnis masa depan menjanjikan, tadi saya juga lihat bagaimana Pertamina mengusungkan strategi-strategi ke depannya,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya