BRI dan Kemendag Gelar Pelatihan UMKM Semarang untuk Tembus Pasar Ekspor

BRI dan Kemendag Gelar Pelatihan UMKM Semarang untuk Tembus Pasar Ekspor
Sumber :
  • Ist

Semarang – Menjadi tulang punggung ekonomi nasional, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus didorong untuk meningkatkan kelasnya hingga mencapai pangsa pasar global. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Ini menjadi komitmen PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI untuk memberikan pemberdayaan menyeluruh melalui pendanaan dan pendampingan.

BRI dan Kemendag Gelar Pelatihan UMKM Semarang untuk Tembus Pasar Ekspor

Photo :
  • Ist
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Salah satu bentuk pemberdayaan dari BRI adalah program pelatihan dengan tujuan meningkatkan tingkat keterampilan dan memperluas jangkauan bisnis.

Bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan, BRI menyelenggarakan program pelatihan untuk 30 pelaku UMKM di wilayah kota Semarang, Jawa Tengah. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar UMKM dapat meraih pasar ekspor dan mempersiapkan diri untuk mengikuti acara BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2023.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan peluang bagi UMKM untuk memperluas bisnis mereka dari tingkat lokal ke pasar nasional dan internasional.

“Melalui kegiatan ini harapannya UMKM bisa terus menjaga mutu dari produknya, pasarnya semakin terbuka, sehingga mereka bisa naik kelas dan bisa mengakses pasar lebih besar lagi,” ucap Catur.

BRI dan Kemendag Gelar Pelatihan UMKM Semarang untuk Tembus Pasar Ekspor

Photo :
  • Ist

Kepala Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan Kementerian Perdagangan Sugih Rahmansyah berharap melalui pelatihan ini para pelaku UKM dapat meningkat pengetahuan di bidang ekspor dan mampu melakukan penetrasi ke pasar ekspor. 

“Kolaborasi dan sinergi antara PPEJP Kemendag dengan BRI diharapkan dapat terus berlanjut guna semakin banyak UKM yang berhasil menjadi eksportir,” ucapnya.

Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dengan melibatkan 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari wilayah Semarang Raya. Para peserta pelatihan dipilih melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Rumah BUMN BRI, yang memiliki produk di berbagai sektor seperti makanan, kerajinan, dan pakaian. Mayoritas dari mereka adalah peserta yang lolos seleksi pada Kurasi BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2023.

Meskipun sebagian besar peserta sudah berhasil melewati proses kurasi, ada kemungkinan bahwa beberapa pelaku UMKM masih membutuhkan peningkatan pengetahuan terutama terkait pengemasan produk dan strategi pemasaran. Sejauh ini, lebih dari 7.000 pelaku UMKM yang dibina oleh Rumah BUMN Semarang telah terdaftar, dan mayoritas di antaranya menjadi nasabah BRI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya