Gelar Operasi dan Sosialisasi, Bea Cukai Cegah Peredaran Rokok Ilegal

Bea Cukai cegah peredaran rokok ilegal
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Cegah peredaran rokok ilegal di wilayah Sumatra Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Bea Cukai kembali gelar operasi dan sosialisasi. Kegiatan ini dilakukan bersinergi dengan pemerintah daerah di masing-masing wilayah.

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan bahwa sosialisasi ketentuan cukai dan operasi pemberantasan rokok ilegal merupakan salah satu upaya optimalisasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT) di bidang penegakan hukum.

Di Kabupaten Agam, Sumbar, Bea Cukai Teluk Bayur melakukan rangkaian kegiatan operasi pasar untuk menekan peredaran rokok ilegal. Hasilnya, Bea Cukai Teluk Bayur menindak sebanyak 324.000 batang rokok tanpa dilekati pita cukai pada 18-20 Oktober, dan sebanyak 22.776 batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai pada 22 Oktober-04 November. Sementara di Kota Solok, Bea Cukai Teluk Bayur menggelar sosialisasi ketentuan rokok ilegal dan pengawasan survei cukai hasil tembakau (9/11).

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Serupa, kegiatan operasi pasar dan sosialisasi juga dilakukan msaing-masing oleh Bea Cukai Magelang di Kabupaten Purworejo, Jateng (24/11), dan Bea Cukai Malang di Pasar Jabung, Pasar Pakis, Pasar Poncokusumo, dan Pasar Tumpang Kabupaten Malang pada 21-22 November. Kegiatan ini dilakukan keduanya bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di masing-masing wilayah.

Encep mengatakan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya memberikan edukasi tentang larangan menjual rokok ilegal, beserta ciri-ciri rokok ilegal yang meliputi rokok polos (tanpa dilekati pita cukai), rokok pita cukai palsu, rokok pita cukai bekas, dan rokok dengan pita cukai yang bukan peruntukannya.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

“Pahami juga cara memeriksa keaslian pita cukai, baik secara kasat mata, atau menggunakan alat abntu ultraviolet. Dan kami imbau kepada masyarakat, jika menemukan peredaran rokok ilegal di pasaran, segera hubungi kantor Bea Cukai terdekat, atau Bravo Bea CUkai di 1500225,” pungkasnya.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024