Bea Cukai Jateng DIY Gagalkan Peredaran 1.512 Liter Miras Ilegal

Bea Cukai gagalkan peredaran miras ilegal
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY kembali menggagalkan upaya penyelundupan minuman keras ilegal dengan modus disamarkan seperti air mineral yang diangkut dengan mobil pribadi pada Senin, (15/01). Pada penindakan tersebut telah dimankan sebanyak 1.512 liter minuman keras tanpa dilekati pita cukai dengan perkiraan nilai barang Rp48 juta dan potensi penerimaan negara Rp64,26 juta.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY Tri Utomo Hendro Wibowo menyampaikan bahwa pada Senin, 15 Januari 2024 petugas Bea Cukai Jateng DIY menerima informasi bahwa terdapat pengiriman barang kena cukai berupa minuman keras tanpa dilekati pita cukai yang diduga ilegal. Barang tersebut diangkut dengan menggunakan mobil pribadi dan akan melewati jalur distribusi wilayah Jawa Tengah.

“Berdasarkan informasi tersebut, petugas melakukan penulusuran dan pengamatan sarana pengangkut yang melintas di Jalan Tol Salatiga-Semarang dan Jalan Nasional Bawen-Semarang. Setelah mengunci target yang sesuai dengan ciri-ciri, selanjutnya petugas segera melakukan pengejaran dan pembuntutan,” lanjut Tri.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Sarana pengangkut berupa minibus warna putih berhasil dihentikan petugas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang. Berdasarkan hasil pemeriksaan singkat didapati minuman keras yang dikemas dalam botol berwarna bening dalam berbagai macam ukuran tanpa dilekati pita cukai yang diduga ilegal.

“Selanjutnya minibus, barang bukti, dan dua tersangka berinisal S dan JS selaku sopir dibawa ke Kanwil Bea Cukai Jateng DIY untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan,” jelas Tri.

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Terhadap pelaku peredaran minuman keras ilegal dapat dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai, dimana setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Upaya pemberantasan barang kena cukai ilegal akan dilakukan terus menerus dari hulu hingga hilir. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pengamanan keuangan negara. penciptaan iklim usaha yang sehat. dan kelancaran pembangunan. Tri mengimbau kepada para pihak/pengusaha yang belum legal untuk berusaha secara legal karena “Legal Itu Mudah”. Jajaran Bea Cukai di seluruh daerah akan memberikan pelayanan terbaik dan berintegritas.

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024