Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Vanili di Perbatasan Indonesia-PNG

Bea Cukai gagalkan penyelundupan vanili
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Bea Cukai Jayapura melakukan penindakan atas upaya penyelundupan vanili ilegal di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura, pada Senin (22/01). Penindakan ini merupakan kolaborasi instansi CIQ yang terdiri dari Customs (Bea Cukai), Immigration (Keimigrasian), dan Quarantine (Kekarantinaan), bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Jayapura, Petrus Doan Sidharta, mengungkapkan bahwa upaya penyelundupan dilakukan oleh empat orang warga negara Papua New Guinea (PNG).

“Para pelaku ditemui membawa empat karung yang berisi vanili dengan berat total 92,81 kg dengan total nilai barang mencapai Rp44.038.000,00. Vanili tersebut dibawa dari Kota Wewak, PNG, menuju Jayapura, Indonesia melewati jalan tikus di sekitar PLBN Skouw,” jelas Doan.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Para pelaku terancam melanggar ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan, UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dan UU Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Ikan, Hewan, dan Tumbuhan. Atas penindakan tersebut, potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp5.105.000,00.

“Penindakan ini membuktikan betapa pentingnya sinergi antara Bea Cukai dan instansi lain dalam rangka pelaksanaan tugas. Kami selalu berkomitmen untuk menjaga sinergi yang telah terjaga dengan baik selama ini dengan terus memanfaatkan jaringan komunikasi dan koordinasi, baik di level pimpinan maupun di level pelaksanaan tugas lapangan,” pungkas Doan.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024