Bea Cukai Ungkap Beragam Modus Peredaran Rokok Ilegal di Kudus

Bea Cukai ungkap beragam modus peredaran rokok ilegal
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Jelang akhir Januari 2024, Bea Cukai Kudus ungkap beragam modus upaya pendistribusian barang kena cukai (BKC) ilegal di wilayahnya. Ratusan ribu batang rokok ilegal ditindak dan potensi penerimaan negara hingga ratusan juta rupiah pun berhasil diamankan.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Pada Kamis (25/01), Bea Cukai Kudus melakukan penindakan terhadap 127.200 batang rokok ilegal yang ditimbun di sebuah bangunan di Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. Dari seluruh barang bukti yang diamankan, nilai barang yang berhasil ditindak adalah Rp175.012.000,00 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp121.157.388,00.

“Rincinya, tim menemukan 125.600 batang rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai dengan merek DUBAI, Z.A. STICK, CLASSY BOLD, FLASH BOLD, dan L.4. Selain itu ada 1.000 batang jenis SKM yang dilekati pita cukai diduga palsu dengan merek BIGNUM BOLD dan LiNK BOLD, serta 600 batang rokok jenis sigaret kretek tangan (SKT) tanpa dilekati pita cukai (polos) dengan merek TIGA JAYA 333,” jelas Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus, Sandy Hendratmo Sopan.

Sinergi Bea Cukai dan BNN Tekan Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Jawa Tengah

Berlanjut pada Senin (29/01), Bea Cukai Kudus kembali melakukan penindakan terhadap 149.120 batang rokok ilegal siap dikirm di dua agen jasa pengiriman masing-maisng di Desa Bungo dan Desa Ngawen, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Rokok ilegal tersebut diperkirakan senilai Rp207.048.000,00 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp143.448.536,00.

Sandy menjelaskan bahwa pihaknya mencurigai adanya pengiriman rokok ilegal dari wilayah Kabupaten Jepara di agen jasa pengiriman yang ada di Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Dari hasi pemeriksaan pertama di Desa Bungo, tim menemukan 50.800 batang rokok polos jenis SKM berbagai merek, yaitu DUBAI, RED BLU, GUCI, GICO, dan DUBAI. Sementara di Desa Ngawen, tim menemukan 56.000 batang rokok polos jenis SKM berbagai merek seperti DUBAI, L.4., GICO dan RASTEL.

Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

“Dalam pemeriksaan tersebut kami juga menemukan 21.200 batang rokok dilekati pita cukai diduga palsu jenis SKM dengan merek MAMI BARU, 20.400 batang rokok polos jenis SPM merek H&D CLASSIC, serta 720 batang rokok polos jenis SKT merek 3 JAYA dan SEKAR MADU HIJAU,” imbuhnya.

“Berbagai modus pengiriman rokok ilegal terus kami tindak. Kami juga berharap para pengusaha jasa pengiriman dapat berperan aktif dalam upaya pemberantasan rokok ilegal.”

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024