Hormati Mendiang Hubert, F2 GP Belgia Dibatalkan

Pembalap F2 yang meninggal, Anthoine Hubert
Sumber :
  • Twitter/FIA_F2

VIVA – Otoritas tertinggi balap Formula 2, FIA, akhirnya memutuskan untuk membatalkan seluruh balapan F2 sebagai penghormatan untuk mendiang Anthoine Hubert yang meninggal di lintasan Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Kena Penalti 5 Grid, Max Verstappen Tak Terbendung Juarai F1 GP Belgia

Sejatinya, balapan F2 dijadwalkan menggelar Sprint Race pada Minggu, 1 September 2019. Namun, lantaran insiden itu, balapan akhirnya dibatalkan. Balapan Feature Race yang sebelumnya mengalami penundaan juga diputuskan telah dibatalkan.

"Formula 1, Formula 2, dan Formula 3 sangat bersedih dengan meninggalnya Anthoine Hubert yang mengalami kecelakaan hebat saat Feature Race di Sirkuit Spa-Francorchamps, yang juga melibatkan tiga pembalap lainnya," tulis pernyataan resmi FIA dikutip situs resmi F2.

Start dari Urutan ke-14, Max Verstappen Menangi F1 GP Belgia

"Kami ingin menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, orang-orang terkasih, dan teman-teman Anthoine. Kami juga ingin mengirimkan simpati kami yang tulus kepada seluruh tim Arden," lanjut pernyataan tersebut.

Diketahui, Hubert meninggal setelah bertabrakan dengan Giuliano Alesi dan menabrak pembatas sirkuit. Sebelumnya, dia mencoba untuk menyalip pembalap lain untuk menyodok ke posisi depan.

Kualifikasi F1 GP Belgia: Verstappen Penalti, Sainz Start Terdepan

Sialnya, pembalap lain, Juan Manuel Correa yang sedang melaju kencang mengantam mobil Hubert. Balapan langsung dihentikan dan petugas medis langsung bertindak cepat di lokasi.

Sayangnya, nyawa pembalap asal Prancis itu sudah tak tertolong lagi meski sudah dilakukan tindakan cepat dengan dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

"Anthoine telah menjadi bagian dari paddock kami sejak 2017. Dia adalah pembalap yang fantastis yang memiliki masa depan cerah di depannya. Ia menjadi juara seri GP3 tahun lalu. Dan musim ini, ia menang dua kali di Formula 2, meraih kemenangan di Monako, dan pada balapan rumahnya di Sirkuit Le Castellet," tulis FIA.

"Dia baik kepada semua orang, selalu tersenyum, dan sikap positifnya menular. Dia akan sangat dirindukan," sambung pernyataan itu.

Pembatalan ini hanya untuk kelas F2. Sementara F1 dan F3 akan tetap dilangsungkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya