Menpora: Hari Ini Pencairan Bonus SEA Games

Wapres Boediono dan Menpora Andi Mallarangeng lepas kontingen
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews – Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng menyatakan, bonus untuk atlet-atlet Indonesia yang meraih medali di SEA Games XVVI akan dicairkan hari ini, Kamis 24 November 2011.

“Saya juga akan turun untuk penyerahan,” kata Andi Mallarangeng usai menghadiri akad nikah Ibas-Aliya di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Bahkan, kata dia, bonus untuk beberapa atlet SEA Games telah ada yang lebih dulu dicairkan. “Sudah dimulai penyerahannya,” imbuh Andi.

Menurut Andi, anggaran untuk bonus para atlet SEA Games telah dihitung semuanya. Namun ia enggan menyebutkan berapa total bunus yang diberikan pihak kementerian kepada para atlet itu. “Alhamdulillah, dananya cukup,” ujar Andi.

Lebih lanjut, Andi menuturkan bahwa Kemenpora ingin secepatnya memberikan bonus tersebut kepada para atlet yang telah berjasa besar mengharumkan nama bangsa pada perhelatan SEA Games kali ini. “Kami ingin memberikan bonus itu kepada atlet, sebelum keringat mereka kering,” kata Andi.

Menurutnya, atlet peraih medali emas akan menerima bonus Rp200 juta, medali perak Rp50 juta, dan medali perunggu Rp30 juta. Pelatih, kata Andi, juga akan mendapat bonus Rp50 juta jika atlet yang dilatihnya mendapat emas, Rp30 juta jika meraih perak, dan Rp15 juta jika medali perunggu.

Jika dihitung dari perolehan medali emas yang sementara ini mencapai 182 keping dengan bonus Rp200 juta, papar Andi, maka estimasi bonus yang dikeluarkan untuk atlet peraih emas sedikitnya adalah Rp36,4 miliar. Sementara untuk medali perak yang mencatatkan perolehan 151 keping dengan bonus Rp50 juta, maka alokasi dana untuk atlet peraih perak sedikitnya adalah Rp7,55 miliar.

Terakhir, untuk perolehan medali perunggu yang mencatatkan jumlah 142 keping dengan bonus Rp30 juta, tutur Andi, maka dana yang akan dikucurkan untuk atlet peraih perunggu sedikitnya adalah Rp4,2 miliar. Estimasi bonus ini belum termasuk hitungan jika raihan medali didapat secara beregu. (adi)

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko
Mufid Asnawi dan istri, pasutri di Trenggalek mampu berhaji berkat jualan pentol.

Kisah Mufid Bisa Naik Haji Sekeluarga Gara-gara Pentol

Berkat ketekunannya menjual pentol, tahun ini dia beserta istri, anak, dan menantunya bisa berangkat haji ke Tanah Suci.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024