Tekad 'Bocah Ingusan' Kejutkan Mercedes & Ferrari di Monaco

Pebalap Torro Rosso, Max Verstappen.
Sumber :
  • Reuters/Robert Pratta

VIVA.co.id - Pembalap muda milik Toro Rosso, Max Verstappen, mengaku optimistis bisa meraih hasil bagus di Grand Prix Formula 1 (F1) Monaco. Bahkan, lewat torehan yang diukirnya di sesi latihan bebas 1 dan 2, Verstappen yakin bisa mengejutkan senior-seniornya seperti duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Pencapaian Verstappen di sesi latihan pertama dan kedua GP Monaco, Kamis kemarin, terhitung mengejutkan. Dalam beberapa seri, Verstappen selalu terlempar dari posisi 10 besar di sesi latihan bebas.

Pencapaian terbaiknya adalah memulai balapan di posisi 6. Itu terjadi di GP Malaysia. Saat itu, Verstappen akhirnya mampu finis di peringkat 7.

Namun, sirkuit Monaco tentu berbeda dengan Sepang. Jalur di Monaco lebih kejam ketimbang Sepang. Verstappen pun mengakuinya.

Dan melihat namanya tercatat dalam posisi 10 besar di dua sesi latihan bebas kemarin, Verstappen cukup terkejut. "Ya tentu saja terkejut. Saya mencari nama saya setelah bendera terangkat. Memantau terus lewat layar yang ada dan tak ada nama saya."

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

"Setelahnya, saya melihat ke atas. Ternyata, saya mendapatkan hasil yang bagus," kata pembalap 17 tahun tersebut.

"Bahkan, di sesi latihan terakhir, saya bisa mendekati posisi 3. Saya harus lebih agresif saat berada di sektor terakhir, dan itu masih mungkin. Jika kami bisa mendapatkan hasil bagus di kualifikasi, semuanya bisa saja terjadi," sambungnya seperti dikutip Crash.

Yang dimaksud oleh Verstappen tentu saja mengganggu dominasi pembalap-pembalap konstruktor raksasa macam Mercedes dan Ferrari. Meski cukup optimistis bisa melakukannya, pemuda asal Belanda ini mengaku butuh keberuntungan yang besar.

Selain itu, Verstappen juga menuntut mekanik tim agar melakukan perbaikan di beberapa bagian mesinnya.

"Sangat penting untuk mengetahui karakter mobil. Dengan demikian, kalian akan mendapat kepercayaan diri lebih karena sirkuit jalanan seperti ini butuh dua hal tersebut. Masalah podium, kami butuh keberuntungan. Dan di sini sangat sering terjadi tabrakan. Normalnya, Mercedes dan Ferrari ada di depan. Tapi, jika beruntung, siapa yang tahu," ucap Verstappen. (one)

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022