Pembalap Wanita Pertama di F1 Tutup Usia

Pembalap wanita F1 pertama, Maria Teresa de Filippis
Sumber :
  • Autosport
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Kabar duka menyelimuti dunia Formula One (F1). Pembalap wanita pertama yang berlaga di F1, Maria Teresa de Filippis, tutup usia pada Sabtu 9 Januari 2016 kemarin.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Maria, seperti dikutip
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
AutoSport , meninggal di usia yang ke-89. Penyebabnya adalah karena sakit.


Sosok Maria memang terbilang fenomenal di dunia F1. Mulai mengaspal di musim 1958 bersama tim Maserati, Maria banyak mendapat komentar bernada negatif dari berbagai pihak, tak termasuk rekan-rekannya di F1.


"Direktur balapan bahkan bilang 'satu-satunya helm yang seharusnya dipakai oleh wanita adalah helm di salon'. Itu adalah komentar terakhir yang membuat saya diremehkan dari dunia balap," kata Maria saat diwawancarai oleh
The Observer
, 2006 silam.


"Setelahnya, saya tak mendapatkan lagi berbagai komentar miring. Cuma kejutan yang datang atas kesuksesan saya," lanjutnya.


Karir Maria memang terbilang ciamik. Di musim 1959, Maria berhasil finis di posisi 10 klasemen akhir. Sayangnya, itu menjadi musim terakhir Maria membalap.


Wanita asal Italia tersebut memutuskan pensiun karena pada musim itu banyak kecelakaan di atas lintasan dan merenggut korban jiwa, termasuk kepala tim Porsche, Jean Behra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya