Angka-angka Menarik di F1 GP China

Para pembalap Formula 1
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Balapan Formula 1 (F1) sudah memasuki seri tiga musim ini, dan akan berlangsung di China pada Minggu 16 April 2016.  Para pembalap melakoni balapan sebanyak 56 laps, atau setara dengan 305.066 kilometer.

Lewis Hamilton yang merupakan juara GP China pada musim lalu, tidak berada dalam posisi kurang baik. Pembalap Mercedes tersebut mendapatkan penalti lima grid pada balapan, karena melakukan pergantian gearbox pada mobilnya.

Kondisi tersebut membuat peluang Nico Rosberg menjadi juara untuk yang ketiga kalinya secara beruntun di awal musim ini terbuka lebar. Meskipun, Sebastian Vettel dari Ferrari tetap akan memberikan ancaman.

Saat ini, Rosberg berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 50 poin dari dua balapan. Sedangkan Hamilton berada di bawahnya dengan mengemas 33 poin, disusul oleh Daniel Riccardo dengan 24 poin di peringkat tiga.

Para pembalap akan mulai turun ke lintasan pada Free Practice pertama, besok pagi WIB. Sebelumnya menyaksikan adu balap jet darat di negeri Tirai Bambu ini, kita simak data dan fakta menarik GP China dari situs resmi F1.

Angka-angka Menarik F1 GP China:

13 - Tahun ini menjadi gelaran ke-13 bagi GP China di Shanghai International Circuit. Dalam kurun waktu tersebut, cuma dua orang yang mampu meraih kemenangan lebih dari satu kali: Fernando Alonso (2005 dan 2013) serta Lewis Hamilton (2008, 2011, 2014 dan 2015).

6 - Posisi start terendah namun kemudian bisa menjadi juara di GP China. Michael Schumacher melakukannya di tahun 2006, ketika itu dia mengalahkan Fernando Alonso dengan 3,1 detik saat menyentuh garis finis.

0,714 - Jarak paling dekat antara juara dan posisi kedua di GP China. Hamilton meraihnya musim lalu saat mengalahkan Nico Rosberg

1:32.238 - Rekor lap di Shanghai International Circuit yang dibukukan pada balapan debut di sana pada tahun 2004. Rekor tersebut dicetak Michael Schumacher bersama Ferrari. Tim pabrikan asal Italia itu punya rekor lain di sana yakni jumlah kemenangan paling banyak (4).

58 - Persentase jumlah pemilik pole melanjutkan penampilannya dengan menjadi juara di China

0,042 - Jarak terdekat dalam perebutan pole position di Shanghai, yang juga terjadi tahun lalu dengan melibatkan dua pembalap Mercedes (Hamilton dan Rosberg). Hamilton memegang rekor sebagai pemilik pole terbanyak di sana.
 

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama


344,1 - Dalam kilometer per jam, kecepatan paling tinggi yang tercatat di Sirkuit Shanghai. Angka ini diraih oleh Pastor Maldonado di balapan musim 2015. Rekor sebelumnya adalah 342,6 kilometer per jam atas nama Michael Schumacher di 2005.

267 - Jarak dalam meter antara pole dengan apex di tikungan pertama. Ini menjadikan GP China sebagai salah satu yang terpanjang dalam hal jarak tersebut.

4 - Pole beruntun yang didapat Mercedes di China - dan juga yang paling banyak didapatkan sebuah tim konstruktor di sirkuit ini.

56 - Jumlah lap di GP China. Sepanjang sejarahnya cuma sekali jumlah lap dipangkas pada 2014, saat chequered flag dikibarkan satu lap lebih cepat dari seharusnya karena kesalahan dan menjadi 54 lap saja.

12 - Jumlah pembalap berbeda yang pernah naik podium di China. Rubens Barrichello, Ralf Schumacher, Giancarlo Fisichella dan Michael Schumacher cuma sekali naik ke sana. Sementara Lewis Hamilton tujuh kali naik podium di berbagai posisi berbeda (dari sembilan partisipasi).

1,1 - Jarak dalam kilometer lintasan lurus di Shanghai International Circuit - yang menjadikannya lintasan paling panjang di kalender F1.

4,3 - Tekanan g-force tertinggi yang dirasakan pebalap di Shanghai, yang akan mereka alami saat melaju di tikungan tujuh, yang merupakan tikungan berkarakter cepat dan panjang.

9 - Tahun berlalu sejak Kimi Raikkonen meraih kemenangan di China, yang sejauh ini masih satu-satunya yang dia dapat di sana. Ada lima podium didapat Kimi pada balapan-balapan di Shanghai, sebuah capaian yang cuma kalah dari Hamilton.

 

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022