Jelang GP Kanada, Rio Haryanto Terharu atas Dukungan WNI

Rio Haryanto bersama Duta Besar RI untuk Kanada, Teuku Faizasyah.
Sumber :
  • Dok. KBRI Kanada

VIVA.co.id – Pembalap asal Indonesia di ajang Formula 1 (F1) 2016, Rio Haryanto, akan berlaga di GP Kanada akhir pekan ini. Meski harus melakukan persiapan, Rio menyempatkan diri bertemu dengan masyarakat Indonesia di Kanada.

Vettel Kena Penalti, Hamilton Juara GP Kanada

Dalam acara meriah tersebut, yang difasilitasi Kedutaan Besar RI di Ottawa, setidaknya hadir lebih dari 100 warga Indonesia yang menetap di Montreal dan Ottawa. Turut hadir pula Duta Besar RI untuk Kanada, Teuku Faizasyah.

Faizasyah mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang telah ditorehkan pembalap berusia 23 tahun tersebut selama berlaga di F1. Dia juga mengungkapkan harapannya agar Rio dapat mencapai prestasi yang maksimal demi kejayaan bangsa.

Gaya Aman Vettel di GP Kanada Justru Berbuah Untung

“Kami bersyukur Rio mampu membuktikan bahwa Indonesia mampu berkompetisi di ajang kejuaraan dunia balap Formula 1. Rio tidak hanya muncul sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia, juga mewakili Asia, dari total 23 pebalap dunia yang memiliki kesempatan berlaga di kompetisi ini,” kata Faizasyah.

“Untuk ini, kami terus mendukung Rio agar terus bersemangat, dan mengiringi Rio dengan doa dan harapan agar Rio mampu menorehkan prestasi yang maksimal demi Indonesia,” lanjutnya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Hamilton Deg-degan Tak Bisa Finis di GP Kanada

Mendapatkan sambutan luar biasa, Rio mengaku terharu dan merasa motivasinya untuk mengukit prestasi kian bertambah. Dia ingin sekali bisa memenuhi harapan bangsa Indonesia yang ingin melihatnya menorehkan prestasi tinggi di ajang adu kebut jet darat.

“Kehadiran KBRI dan seluruh warga negara Indonesia di luar negeri memiliki arti khusus bagi saya. Saya kian semangat, dan rasa nasionalisme terus menggelora,” ujar pembalap asal Surakarta tersebut.

“Pembalap negara lain belum tentu memperoleh sambutan yang luar biasa seperti yang saya terima saat ini. Saya bangga memiliki kesempatan untuk dapat mengharumkan nama bangsa, dan saya akan terus memberikan yang terbaik demi Indonesia,” imbuhnya.

Rio pun menggunakan kesempatan ini untuk menceritakan sejarah perjalanan hidup dan upayanya untuk dapat berkompetisi di ajang F1. Dalam sesi tanya jawab, Rio menjawab pertanyaan warga, mulai dari pertanyaan sirkuit favorit, cara mengatasi adrenalin rush ketika balapan, serta target yang ingin diraih di Sirkuit Gilles Villeneuve.

“Target di Montreal adalah pemerolehan poin. Semakin terdepan posisi, semakin besar poin yang diperoleh,” ucap Rio dalam acara yang diakhiri dengan doa serta buka bersama tersebut.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya