Lima Tim Berlaga di Musim Pembuka WNBL

Ilustrasi basket
Sumber :

VIVAnews - Setelah sukses mengelola kompetisi National Basketball League (NBL), PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia tahun ini bakal menggulirkan kompetisi liga basket untuk putri, Women's National Basketball League (WNBL). Untuk musim pembuka ini, lima tim basket dipastikan ikut berpartisipasi.

Lima klub tersebut adalah Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta, Surabaya Fever, Sritex Dragon Solo, Sahabat Semarang, dan Rajawali-Tunas Mojang Jawa Barat. Rencananya, liga basket putri ini bakal digulirkan berbarengan dengan digelarnya dua seri penutup dan Championship series Flexi NBL Indonesia 2011-12.

"Sebetulnya sejak awal kami mengelola NBL, banyak permintaan agar kami juga mengelola liga basket untuk putri. Apalagi kita tahu liga basket putri Indonesia, Kobanita sudah vakum sejak tiga tahun lalu. Akhirnya kami dan PB Perbasi memutuskan untuk memulainya tahun ini," ujar Direktur PT DBL Indonesia, Azrul Ananda di FX Senayan, Selasa 21 Februari 2012.

Pertandingan pertama WDBL akan digelar 14 Maret 2012 di DBL Arena Surabaya. Rencananya, di tahun pertama ini, masing-masing tim akan saling bertemu dua kali. Dua peringkat teratas klasemen akan dipertemukan dalam babak final yang akan dihelat di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 28 April 2012.

Azrul mengatakan, sudah saatnya liga basket berskala nasional untuk putri kembali dihidupkan. Apalagi, saat ini minat remaja putri menekuni cabang olahraga tersebut dinilai terus meningkat. Menurut Azrul, selama delapan tahun mengelola liga basket, minat remaja putri terhadap basket sangat besar. Untuk itu WNBL diharapkan dapat menjadi wadah penyalur bibit-bibit tersebut.

"Setiap tahun, ribuan pemain putri bertanding di liga SMA kami. Sedih jika melihat minat begitu besar, sementara tidak ada jenjang lanjutan untuk mereka berkarier di basket. Selain itu, dampak panjangnya, kami berharap akan muncul pebasket-pebasket putri tangguh untuk timnas Indonesia lewat WNBL ini," kata Azrul.

Senada dengan Azrul, Sekjen PB Perbasi, Agus Mauro juga menyambut baik ajang tersebut. Selain kembali membangunkan gairah basket putri, gelaran WNBL juga sebagai salah satu jalan membuat timnas putri kembali bangkit, terutama untuk mempersiapkan gelaran SEA Games Myanmar 2013 mendatang.

"Kami memang sedang memikirkan bagaimana memperbanyak kompetisi. Hadirnya WNBL ini merupakan salah satu jalan keluar untuk mempersiapkan timnas yang tangguh. Salah satunya untuk dipersiapkan mengikuti SEA Games Myanmar nanti," ujar Agus. (sj)

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024