Basket 3X3 Bakal Dimainkan di Asian Games 2018

Ilustrasi bola basket 3X3 atau 3 on 3
Sumber :
  • Hoopistani
VIVA.co.id
Tim Basket AS untuk Olimpiade 2016 Nikmati Fasilitas Mewah
- Jumlah medali yang diperebutkan dari cabang olahraga bola basket dipastikan akan bertambah. Itu menyusul akan dimainkannya basket 3X3 pada Asian Games 2018 nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh FIBA 3X3 Ambassador, Agus Mauro. Menurut Agus, basket 3X3 sudah pasti dimainkan.

Wasit Basket Berhijab Asal Indonesia Tuntut Keadilan
"Tentunya menjadi kabar gembira. Saat ini, olahraga basket 3X3 sedang marak di Indonesia," kata Agus saat ditemui di Hotel Century, Jakarta, Selasa 12 Januari 2016.

Sejak sekarang, Perbasi pun langsung bergerak cepat untuk membentuk susunan pemain di timnas 3X3 nanti. Pasalnya, pemain yang bisa berlaga adalah kategori U-23.

Kepala Bidang 3X3 Perbasi, Anthony Gunawan, menyatakan sudah memantau beberapa pemain yang bisa diproyeksikan untuk bermain di Asian Games 2018 nanti. Sistem pemusatan latihan pun sudah dirancang dalam persiapan menyambut Asian Games mendatang.

"Sudah ada beberapa pemain yang masuk dalam radar. Tapi, terkait sistem TC belum bisa diungkapkan. Mungkin, yang paling masuk akal adalah TC secara periodik, 2 bulan TC terus pulang. Pemain-pemain ini kan terikat dengan klub dan harus sekolah," ujar Anthony.

Sebelum menggelar TC, Perbasi diharuskan mencari pelatih anyar untuk timnas basket 3X3. Anthony sebelumnya adalah pelatih timnas 3X3.

Namun, dengan jabatan sekarang, Anthony merasa tak mampu mengemban tugas sebagai pelatih. Beberapa calon sudah ada. Dan salah satunya adalah asisten pelatih Satria Muda Pertamina, Youbel Sondakh.

"Perbasi yang akan menentukan. Sudah ada calon. Susah juga kalau saya duduk di kursi manajemen Perbasi dan jadi pelatih. Nanti tak fokus," ungkap Anthony.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya