Test Event Asian Games, INASGOC Ajak Penonton Jalan Kaki

Persiapan saat test Event Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ada cara berbeda untuk menyaksikan test event Asian Games 2018. Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir mengatakan, untuk menyaksikan test event yang berada di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, penonton harus jalan kaki menuju venue. 

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Nanti di Gelora Bung Karno pintu yang dibuka hanya satu, yaitu pintu Plaza Barat. Jadi nanti penonton yang ingin menyaksikan voli, atletik, panahan dan basket harus jalan kaki," kata Erick di sela-sela acara Konferensi Pers Emtek Group sebagai pemegang hak siar Asian Games 2018, Kamis, 8 Februari 2018. 

"Tentu penonton akan sedikit terkejut nantinya. Tapi ini bagian dari perubahan kultur. Pada Asian Games nanti juga kita sama-sama menggunakan kendaraan umum, supaya mengubah habitat bangsa lebih disiplin," tambah pria yang juga menjabat sebagai Presiden Inter Milan ini. 

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Sementara itu, soal kesiapan test event sendiri, Erick menambahkan, sudah berjalan dengan baik. Test event untuk Asian Games 2018 akan berlangsung mulai 8-15 Februari 2018. 

Ada delapan cabang olahraga yang dipertandingkan yakni basket, panahan, atletik, bola voli, bola basket, taekwondo, tinju, pencak silat, dan angkat besi. Sedangkan untuk lokasi test event adalah Gelora Bung Karno, JIEXPO Kemayoran, dan padepokan pencak silat di Taman Mini Indonesia Indah.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Saya tadi sudah rapat dan melakukan sidak langsung. Venue bola basket sudah siap, panahan siap. Untuk voli memang harus mengganti lampu lebih dahulu, tapi saya rasa siap," jelas Erick. 

Terkait test event ini, INASGOC akan terus bekerja keras terutama soal transportasi. Agar nantinya saat penyelenggaraan Asian Games 2018, pada 18 Agustus-2 September berjalan dengan lancar. 

"Kami terus perbaiki terutama soal transportasi, karena kita tahu dari atlet village ke tempat pertandingan dengan jalan non tol sekitar 41 menit. Tapi jika lewat tol 27 menit. Namun, karena hujan kemarin bisa mencapai 1 jam 20 menit. Nah ini perlu diperbaiki," kata Erick. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya