Deru Pasir Tanjung Bira Sambut Api Asian Games 2018

Obor Asian Games 2018 sampai di Tanjung Bira
Sumber :
  • VIVA/Yudhi

VIVA - Kirab obor api Asian Games 2018 telah tiba di Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Sabtu 28 Juli 2018. Perjalanan panjang dilewati untuk mencapai titik akhir.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Sambutan meriah terasa sejak api obor tiba di titik start tepatnya di Mesjid Dato' Tiro, Islamic Center, Bantaeng, Bulukumba pada pukul 15.00 WITA. Sejumlah masyarakat setempat berkumpul untuk menyaksikan momen bersejarah tersebut.

Api Asian Games 2018 diberikan oleh Alfian selaku atlet Bulukumba dan diserahkan kepada Bupati Bulukumba, Andi M. Sukri Sappewali.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Suatu rahmat dan kehormatan untuk masyarakat Bulukumba dapat menerima obor Asian Games 2018. Semoga masyarakat dapat bersikap ramah, sehingga dapat membuktikan kepada negara yang akan berkunjung hari ini bahwa kita telah siap menyambut Asian Games 2018," kata Andi.

Obor kemudian berangkat ke Tanjung Bira dengan tim kirab beranggotakan 10 orang atlet. Jalur sekitar 50 kilometer dilewati dengan estafet dan singgah di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) kemudian dilanjutkan menuju Tanjung Bira melalui jalur laut yang merupakan titik nol Sulawesi.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Uniknya api diantar dengan 3 kapal pinisi dan didampingi oleh 45 perahu sampan yang merupakan arti darj jumlah negara peserta di ajang Asian Games 2018.

Selanjutnya, api diinapkan danĀ akan dibawa ke Pelabuhan Internasional Soekarno Hatta Makassar pada Minggu, 29 Juli 2018. Api obor Asian Games lalu diarak menggunakan kapal perang KRI Dewa Ruci ke dermaga Lantamal VI Makassar dan berakhir di pantai Losari yang merupakan tempat seremoni.

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024