Cerita Sang Ayah Lihat Atlet Indonesia Retak Tulang Leher

Insan Nurhaida saat dirawat di rumah sakit
Sumber :
  • VIVA/Zulfikar Husein

VIVA – Atlet para atletik Indonesia, Insan Nurhaida, mengalami retak tulang leher usai terjatuh saat mengikuti perlombaan lari 100 meter putri T36 pada ajang Asian Para Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018.

Apresiasi Unik untuk Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018

Insan terjatuh di lintasan ketika menjalani pertandingan pada Rabu pagi. Ayah Insan, Agus Nurdin, mengatakan bahwa anaknya memang memiliki kelemahan saat berlari dalam posisi tubuh yang sedikit membungkuk sehingga terjatuh.

Insan sempat berada di urutan ketiga sebelum terjatuh dan wajahnya membentur lintasan. Akibatnya, tulang leher Insan retak dan mengalami luka-luka di bagian bahu serta pipi kanan.

Aset Warisan Asian Games dan Para Games, Lari ke Mana?

Agus Nurdin yang menyaksikan langsung anaknya terjatuh dari tribun penonton bersama beberapa anggota keluarga lainnya. Karena tidak boleh masuk ke arena lintasan, ia dan keluarga langsung bergegas menuju ruang medis.  

Insan lebih dulu ditangani dokter dari pihak Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC). Dokter kontingen Indonesia yang seharusnya menangani Insan tengah berada di Stadion Akuatik GBK.

Ketua INAPGOC Klaim Asian Para Games 2018 Terbaik Sepanjang Sejarah

"Harapan saya pada saat itu adalah kemenangan yang diinginkan. Tapi, pas kejadian seperti itu, memang jadi kaget apalagi pas kejadian Insan sempat tak bergerak sama sekali. Padahal, dia tidak pingsan, cuman mungkin dia tidak bergerak karena menahan rasa sakit," kata Agus, saat ditemui VIVA di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo, Jakarta, Kamis, 11 Oktober 2018.

"Terus kan kami berharap dia bisa finis di peringkat ketiga. Akibat kejadian ini, kami sekeluarga langsung tidak memikirkan hasil. Karena yang diperlukan sama dia adalah keselamatannya. Terus, dia langsung dibawa keluar stadion dan dirawat di GBK sama dokter dari INAPGOC setelah itu langsung di bawa ke RS," ucapnya.

Sebelum turun di Asian Para Games 2018, Insan merupakan peraih dua medali emas di nomor 100 meter dan 200 meter T36 pada ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia silam. Atas pencapaian tersebut, Insan memang dijadikan andalan oleh kontingen Indonesia untuk meraih medali pada gelaran Asian Para Games kali ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya