Ada Atlet Jualan Beras, Chris John Desak Kompetisi Digelar Lagi

Chris John.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Nurhendra Saputra

VIVA – Mantan juara dunia tinju Chris John mendukung penuh agar kompetisi olahraga nasional bisa kembali bergulir di tengah pandemi COVID-19. Dengan satu syarat, asalkan semua pihak yang terlibat disiplin terhadap protokol kesehatan.

7 Bandara Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung Ruang

Menurut dia, kompetisi olahraga menjadi salah satu sumber perekonomian bagi para pelakunya. Penghentian selama sembilan bulan ini diharapkan tidak dibuat semakin larut sebab sudah cukup membuat kondisi serta kesejahteraan beberapa atlet mengkhawatirkan.

“Contohnya seperti di cabang olahraga sepakbola, pemain bola karena tidak ada kompetisi sampai-sampai akhirnya dia harus bertanding di liga-liga tarkam," tutur pria yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) IV Bidang Kerja Sama Luar Negeri, Media, dan Humas KONI dalam laman KONI Pusat, Jumat 27 November 2020.

Truk Tabrak Mobil Bak Terbuka di Sukabumi, Tewaskan Anggota KNPI

"Bahkan ada yang harus mempertahankan kehidupannya dengan berjualan beras atau lainnya yang di luar bidangnya yaitu sepakbola," ujar dia menambahkan.

Sebagai mantan atlet, Chris John pun ingin pertandingan digelar kembali, namun dengan penerapan protokol yang ketat. Sebab, ia tidak ingin kompetisi olahraga menjadi cluster penyebaran COVID-19.

Alasan Nasdem Lirik Ustaz Das'ad Latif Masuk Bursa Pilwalkot Makassar

Chris John menyarankan beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin kembali menggulirkan sebuah kompetisi, antara lain diselenggarakan di luar zona merah, membatasi jumlah orang di lokasi, tes swab berkala, dan adanya pengawasan dari petugas medis.

“Saya setuju pergelaran acara event olahraga itu bisa dimulai tapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Diselenggarakan di zona hijau, kuning, oranye, itu masih oke," pungkas dia. (Ant)

Duel Madura United vs Arema FC

Banyak Berkutat di Zona Degradasi, Arema FC Bersyukur Lolos dari Lubang Jarum

Musim kompetisi Liga 1 2023-2024 Arema FC akrab dengan posisi zona degradasi. Nyaris sepanjang musim Arema FC berkutat di zona merah

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024