Skandal Olahraga, Batman 'Salah Server' Serang Valencia

The Batman
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Batman merupakan karakter superhero yang identik dengan kelelawar. Dia memiliki beberapa musuh yang sangat kuat, di antaranya Joker, Penguin, Ra's al Ghul, Two-Face, the Riddler, the Scarecrow, Mr. Freeze, Poison Ivy, Harley Quinn, Bane, Clayface, dan Killer Croc.

Akademi Persib Putri Jajal 3 Klub Eropa di Singapura

Menariknya, ada lagi satu musuh Batman yang ada di dunia nyata. Yakni, klub LaLiga Valencia. Loh kok bisa?

Menurut laporan WA Today, DC Comics selaku perusahaan pemilik dan penerbit karakter Batman, menuntut Valencia pada 2014 silam. Mereka menganggap Los Che melakukan pelanggaran atas merek dagang mereka berupa kelelawar di atas logo.

Marah! Valencia Tanoesoedibjo Tegas Lakukan Ini Saat Pipi Anaknya Dicubit Orang Asing

Photo :
  • Sport.es

Sekilas, logo Valencia memang mirip dengan logo Batman. Ada kelelawar dengan sayap yang membentang di atas logo. Ini sesuai dengan julukan Valencia, Los Murcielagos, yang berarti kelelawar.

Skandal Olahraga: Geger Atlet Normal Pura-pura Jadi Disabilitas demi Meraup Emas

Sebenarnya, tuntutan DC tergolong aneh. Sebab, sejak dulu Valencia sudah identik dengan lambang kelelawar.

Pada abad 13, wilayah Valencia ditaklukkan King James I of Aragon. Saat itu, dia menambahkan kelelawar di mantelnya sebagai simbol keberuntungan.

Lambang kelelawar sudah biasa terlihat di wilayah Valencia dan Kepulauan Balearic. Kelelawar hitam juga tampak di logo rival sekota Valencia, Levante.

Kembali Memanas pada 2019
Perseteruan Batman dan Valencia sempat mereda. Namun, pada 2019 kedua kubu kembali bertikai.

Hal tersebut bermula saat perayaan ke-100 tahun Valencia. Valencia memunculkan kelelawar hitam yang terletak di tengah-tengah lambang klub.

Tapi untuk peringatan seabad klub, El Che lantas mewarnai kelelawarnya itu dengan warna emas mengilap. Hal inilah yang menimbulkan permasalahan dengan DC Comics.

Photo :
  • instagram.com/batman_o.f.f.i.c.i.a.l/

Produsen komik asal Amerika Serikat tersebut menganggap Valencia mencontek lambang Batman. Bahkan, gugatan diajukan ke pengadilan di Valencia.

Valencia punya alasan kuat tetap mempertahankan lambang kelelawar. Sebab, mereka sudah identik dengan kelelawar sejak didirikan pada 1919. Hal tersebut jauh sebelum DC Comics berdiri pada 1934.

"Ketika kami sudah bermain dengan lambang kelelawar ini, orang-orang di Amerika Serikat sana masih mengejar kerbau," demikian pernyataan resmi Valencia.

Kini, tak ada kelanjutan kasus antara Valencia dan Batman. Kedua kubu tetap menggunakan kelelawar sebagai identitas mereka.

Sudahlah Batman, sepertinya Anda salah server. Cukup perangi Joker dan Penguin, tak perlu menyerang Valencia.

Mau tahu skandal yang menyeret para atlet dunia lainnya? Skandal Olahraga akan hadir setiap harinya. Simak terus di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya