Dinas Kesehatan Cegah Penyebaran Malaria di PON XX Papua

Indoor Residual Spraying (IRS) jelang PON XX Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jayapura melindungi 1182 rumah warga dari kasus malaria yang tersebar di daerah endemis khususnya venue PON XX Papua.

Pj Gubernur Sumut Terus Ajak Masyarakat Sukseskan PON 2024

Perlindungan dilakukan dengan cara Indoor Residual Spraying (IRS) atau disebut penyemprotan dinding rumah di daerah endemis malaria yang berada di wilayah venue PON. 

"Ada 1.182 rumah yang akan kita semprot untuk mencegah berkembangnya malaria pada saat PON. Bahkan penginapan atlet pun kita semprot agar kasus malari bisa dilendalikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, Rabu, 11 Agustus 2021 di RS Yowari Sentani. 

Persiapan PON 2024 On The Track, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut ke OPD

Khairul menjelaskan, penyemprotan dilakukan dengan menyemprot insektisida dimana nantinya residunya akan menempal di dinding sehingga nyamuk yang menempel didinding akan mati. Ketahanan efektifitas penyemprotannya bisa mencapai 6 bulan. 

"Penyeprotan insektisida pada dinding rumah warga dilakukan agar tidak ada vector malaria  sehingga pada saat pelaksanaan PON kasus malari bisa berkurang,"ujarnya. 

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Lanjut Khairul, pihaknya telah membentuk tim yang sudah mulai melakukan penyemprotan rumah disekitar venue PON  agar tidak vector seperti  nyamuk malaria, kecoak, lalat dapat dikontrol. Kemudian seluruh venue PON akan dilakukan pengasapan. 

"Kita berharap dengan dilakukanya IRS ini, di daerah PON, penginapan atlet itu semua bisa kendalikan, sehingga ketika altlit dan tamu-tamu tiba , malaria ini bisa kita kendalikan dengan baik,"tuturnya.

Upaya pengendalian yang dilakukan tersebut, kata Khairul, untuk pencegahan penyakit menular seperti malaria bagi peserta PON maupun tamu-tamu selain COVID-19. 

"Kita masih terus lakukan, selain metode IRS juga dilakukan dengan mass blood survey (MBS). Ini salah satu upaya survey malaria di daerah endemis malaria,"ucapnya. 

Selanjutnya kami juga melakukan kontrol di sekitar venue PON sehingga populasi nyamuk berkurang, dan juga dilakukan pemeriksaan setiap warga, karena diketahui di Papua banyak orang yang sakit malaria tidak menunjukan gejala klinis. 

Khairul berharap dengan dilakukannya pencegahan malaria  di sekitar venue PON XX, maka populasi nyamuk akan berkurang dan memberikan rasa aman bagi setiap peserta atlet du venue PON Kabupaten  Jayapura.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya