PON XX Sesuai Jadwal, Ketum KONI: Kondisi Papua Terkendali

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman.
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, menegaskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan terselenggara sesuai jadwal. Marciano juga memastikan kondisi Papua aman menjelang multievent berskala nasional itu digelar.

Pj Gubernur Sumut Terus Ajak Masyarakat Sukseskan PON 2024

“PON XX ini tetap berjalan sesuai rencana, dilaksanakan pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Semua kegiatan terkait sudah disiapkan sebaik-baiknya,” ujar Marciano dalam konferensi pers virtual, baru-baru ini.

Lebih lanjut, Marciano menegaskan jumlah atlet yang akan tampil di PON XX sudah diketahui karena entry by name telah selesai pada 1 Agustus lalu. Seluruh kontingen berjumlah 6.496 atlet. Sementara, ofisial 50 persen dari jumlah tersebut atau sekitar 3.300 orang.

Persiapan PON 2024 On The Track, Ini Pesan Pj Gubernur Sumut ke OPD

“Proses keabsahan atlet sedang berjalan," kata Marciano.

Selanjutnya, dia menjelaskan terkait persiapan dari sejumlah bidang-bidang, antara lain masalah administrasi dimana Surat Keputusan panitia pelaksana sudah selesai 100 persen dan sudah disampaikan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sport Centre Sumut Target Rampung Juli 2024, Ini Pesan Menko PMK

Kemudian, masalah bimbingan teknis SDM panitia pelaksanaan dan Test Event akan diselenggarakan satu bulan sebelum pelaksanaan PON.

Menyoal persiapan venue, Marciano memastikan bahwa semuanya sudah bisa digunakan. Hanya venue Rugby dan paralayang yang sedang dalam proses penyelesaian dan ditargetkan selesai akhir September 2021.

Sementara, seluruh peralatan yang dialokasikan dari APBN untuk 36 disiplin cabor dan APBD sebanyak 26 disiplin cabor akan tiba di Papua paling lambat 30 Agustus 2021. Saat ini, sebagian besar peralatan itu sudah tiba di Jayapura.

Terkait keamanan, Marciano dengan tegas menyebut jika kondisi Papua aman. Meski begitu, dia terus melakukan koordinasi dengan Kapolda Papua, Pangdam Cenderawasih dan unsur keamanan di daerah setempat.

“Ada dinamika keamanan di Papua, tetapi secara umum Papua dalam kondisi yang terkendali. Papua siap dengan pelaksanaan PON. Masyarakat Papua ingin menjadi tuan rumah yang baik, penyelenggaraan PON ini harga dirinya masyarakat Papua,” jelas Marciano.

“Mari kita bersama menjadikan PON XX ini sebagai PON pemersatu bangsa. Mari kita jadikan PON XX ini sebagai kebangkitan Bangsa Indonesia dari pandemi COVID-19. Olimpiade Tokyo selesai sesuai dengan rencana dan selesai dengan baik, saya harapkan PON XX juga selesai dengan baik," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya