Indonesia Guncang Olahraga Terpopuler Amerika, Ternyata Ada Sosok Ini

Duel NFL Carolina Panthers Vs Pittsburgh Steelers
Sumber :
  • Carolina Panthers

VIVA – Tidak seperti di banyak negara, sepakbola bukanlah olahraga yang paling populer di Amerika Serikat (AS). Begitu juga dengan basket.

10 Bintang NFL Berani Akui Orientasi Seksualnya Sebagai Gay atau Biseksual

Meski memiliki kompetisi yang dihuni pemain-pemain top dunia (NBA), basket bukanlah olahraga dan tontonan nomor satu di sana.

Urutan pertama adalah American Football yang mengungguli Baseball di peringkat kedua. Faktanya, di setiap pertandingan liga nasional Amerika Serikat, NFL. Negeri Paman Sam seakan terbius. 

Romantis, Atlet Ini Lamar Kekasihnya Usai Juara NFL Super Bowl

Apalagi partai puncak, seluruh sudut kota bakal menayangkan pertandingan tersebut dan orang-orang berbondong-bondong ke stadion bersama teman maupun keluarga untuk menonton secara langsung.

Lawrence Taylor, Barry Sanders, Deion Sanders, Randy Moss, Jerry Rice, Joe Greene, Emmitt Smith, Walter Payton, dan Tom Brady. Mungkin nama-nama tersebut terdengar asing, khususnya bagi pecinta sepakbola.

Ada Piala AFF, Ini 5 Ajang Olahraga yang Digelar saat Natal

Namun bagi masyarakat Amerika, mereka bak Diego Maradona, Pele, Franz Beckenbauer, Ronaldinho, Zinedine Zidane, Lionel Messi, hingga Cristiano Ronaldo.

Ya, nama-nama di atas merupakan para pemain top dan dan masuk ke dalam daftar Hall of Champions, atau pemain terbaik sepanjang masa NFL. Dikutip dari Ranker.com.

Dan tahukah kalian, jika baru-baru ini olahraga terpopuler AS itu gempar karena Indonesia? Hal itu terjadi lantaran ada sosok pemain keturunan Indonesia yang memberikan dampak instan dan mengagumkan untuk tim Carolina Panthers.

Sosok itu adalah Ryan Santoso. Pria 26 tahun tersebut di lahir di Pace, Santa Rosa County, Florida. Ryan merupakan anak dari diaspora Indonesia Riyanto Santoso dana Lori Santoso.

Ryan berstatus sebagai pemain baru yang didatangkan dari New York Giants. Tak sampai 24 jam setelah peresmiannya, Ryan yang berposisi sebagai kicker melakukan debut yang sempurna ketika menghadapi Pittsburgh Steelers, Jumat 27 Agustus 2021.

Penampilan apiknya itu menjadi perbincangan pecinta NFL di media sosial. Dia dianggap sebagai salah satu pemain yang cukup menjanjikan meski baru beberapa tahun mencicipi ajang NFL.

Dalam laga melawan Pittsburgh Steelers, Ryan berhasil melepaskan tendangan 52-yard yang menghasilkan tiga poin. Kemudian dia kembali mencetak tiga poin dari jarak 27 yard.

Penampilan apik Ryan serta kerja keras para pemain lainnya mampu membawa  Panters menang atas Pittsburgh Steelers dengan skor telak 34-9. 

Performa di laga debut ini sangat penting untuk Ryan. Pasalnya ia tengah mengincar posisi 53-man roster untuk NFL 2021 yang akan start pada pekan kedua September.

Menanggapi debutnya yang fantastis, Ryan mengaku bersyukur karena dalam beberapa hari belakangan ini dia mengalami situasi yang tidak karuan.

Di hari ulang tahunnya, ia berpisah dengan New York Giants. Hari yang seharusnya ia mendapatkan kado, malah berubah dirinya harus berbenah meninggalkan klub.

"Ini sebuah perjalanan. 24 jam terakhir adalah angin puyuh, tapi ini adalah berkah bagi saya," kata Ryan, dalam situs resmi tim.

Ryan mengawali kariernya sebagai pemain untuk tim kampusnya, Universitas Minnesota. Ryan baru direkrut oleh klub NFL, Tennessee Titans, pada 27 November 2019 lalu. 

Pemain NFL keturunan Indonesia, Ryan Santoso

Photo :
  • Carolina Panthers

Titans langsung memberikan kesempatan Ryan Santoso melakukan debut di NFL saat melawan Indianapolis Colts di Lucas Oil Stadium.

Ryan bermain sebagai kicker atau punter. Debut Ryan bersama Titans di NFL cukup sukses. Dia berhasil melakukan lima kali touchback. Titans juga sukses menang besar 31-17 atas Colts.

Pada tahun 2020, Ryan sempat hengkang ke Montreal Alouettes. Namun setelah itu di tahun yang sama ia direkrut oleh New York Giants. Hanya saja, Ryan kini sudah menjadi warga negara Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya