Perjuangan Iftirasy Ahmad Membangun Prestasi Lewat Berkuda

Atlet berkuda cilik, Iftirasy Ahmad Falah Pujiyono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menjadi atlet mungkin belum menjadi salah satu cita-cita bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Namun, Iftirasy justru memilih untuk menempuh jalur tersebut.

Riders Papan Atas Tampil di Equestrian All Star Tour 2024

Gadis yang bernama lengkap Iftirasy Ahmad Falah Pujiyono itu telah membulatkan tekad untuk berkecimpung di dunia olahraga. Pilihannya pun tak seperti kebanyakan orang yang menekuni olahraga yang lebih populer. Dia justru lebih memilih berkuda sebagai olahraga yang digelutinya.

Meski terlihat mudah, namun berkuda sebenarnya termasuk olahraga ekstrem yang membutuhkan energi fisik yang besar. Belum lagi harus bisa membangun hubungan yang baik dengan kuda agar bisa tampil selaras di lapangan.

Optimisme Victoria Lee Naik Podium di Equestrian All Star Tour 2024

Beruntung, perjuangan Ifti didukung penuh oleh keluarganya. Sehingga, dia pun bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya ketika bertanding di nomor show jumping yang menjadi spesialisasinya. Meski beberapa kali sempat mencoba nomor dressage.

Atlet berkuda cilik, Iftirasy Ahmad Falah Pujiyono

Photo :
  • Istimewa
Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

"Saya mulai menekuni olahraga berkuda sejak usia delapan tahun," kata Ifti dalam keterangannya kepada awak media.

"Memilih berkuda karena menantang. Kan kita harus bekerja sama dengan makhluk hidup yaitu kuda. Keluarga juga mendukung pilihan saya," lanjut dia.

Berbekal latihan sejak usia 8 tahun, Ifti kini mulai merasakan buah manis dari perjuangannya. Dia telah beberapa kali merasakan podium juara.

Gadis yang kini berusia 13 tahun tahun itu pernah meraih peringkat 2 All Series Preliminary German ECL 2020, menyabet poin tertinggi di kelas show jumping children 70cm di ECL 2021, 2 kali juara pertama ECL 2021 show jumping 70cm, sekali menjadi peringkat kedua ECL 2021 show jumping 70cm dan juara 1 show jumping 80-100 CM Cup 2020.

Terbaru, dia juga merebut podium kedua di kelas show jumping kategori B 70-90cm Open di Equestrian Solidarity Challenge 2022, akhir Januari lalu.

Meski sudah cukup lama menekuni berkuda, tapi Ifti masih merasa bahwa kegiatannya saat ini bukanlah sebuah hal mudah. Terlebih, dia ditantang harus selalu bisa 'menyatu' dengan tunggangannya yang berganti setiap tahun.

"Iya aku memakai Kuda bernama Petir Ouzora. Sudah setahun bersama dia. Setiap tahun ganti. Agar ada ikatan saja sih setiap tahunnya," jelas Ifti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya