Gubernur Edy: 36 Cabor Dipertandingkan di Sumut pada PON 2024

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi (kanan)
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyebutkan pada pelaksanaan PON Sumut-Aceh tahun 2024. Di mana pembagian Cabang Olahraga (Cabor) diputuskan Sumut akan mempertandingkan 36 Cabor. Sisanya, cabor akan dipertandingkan di Provinsi Aceh.

Persiapan Atlet Berjalan Optimal, Pj Gubernur Optimis Sumut Juarai PON 2024

"Sudah diputuskan, kalau tidak salah Sumut ada 36 Cabor," sebut Edy Rahmayadi kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut di Kota Medan, Selasa siang, 15 Februari 2022.

Untuk pembukaan PON tahun 2024, akan digelar di Provinsi Aceh dan penutupan di Provinsi Sumut. Edy mengatakan Pemerintah Provinsi Sumut bersama Pemerintah Pusat tengah melaksanakan pembangunan venue untuk pertandingan Cabor di Sumut.

Hunian dengan Akses Mudah, Solusi Gaya Hidup Dinamis dan Praktis

"Nanti ke depan 300 hektar itu untuk Sport Center. Kita berharap mungkin 2024 tak terselesaikan semua. Tetapi sebagian besar dia selesai, bisa digunakan. Ke depan olahraga ada di sana, penutupan di Sumut di Sport Center," jelas mantan Pangkostrad itu.

Dalam pembangunan venue pada PON di Sumut. Edy mengatakan menggunakan anggaran dari APBN, APBD Sumut dan investor. Untuk itu, pengerjaan venue tengah dilakukan saat ini.

PDIP Jakarta Usulkan Sejumlah Nama untuk Pilgub DKI

"Ada yang dari APBN, ada yang APBD dan ada yang dari investasi oleh orang luar," tutur mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Edy menjelaskan untuk Sport Center berstatus Hak Pengelolaan (HPL). Jadi, di Sport Center berada di Kabupaten Deli Serdang, akan dibangun venue Cabor, tempat rekreasi hingga pusat bisnis.

"Pusat adalah stadion dengan infrastruktur sport center, nanti dikerjakan. Disitu ada sport city untuk olahraga, untuk rekreasi dan untuk bisnis, masing-masing dikerjakan pada porsinya. Bisnis itu ada hotel ada rumah sakit, mall, ada tempat rekreasi  main anak-anak," ucap Edy.

Edy mengatakan untuk Cabor Sepakbola Putra digelar di Provinsi Aceh. Sedangkan, Cabor Sepakbola Putri digelar di Provinsi Sumut. Namun, ia mengatakan untuk saat pencarian dan pembinaan atlet tengah dilakukan untuk persiapan kontigen Sumut di PON 2024.

Mantan Ketua Umum PSSI itu, menyatakan pihaknya siap melaksanakan PON menjadi tuan rumah bersama dengan Provinsi Sumut.

"Pemprov Sumut sangat siap dan harus siap tuan rumah bersama PON 2024," sebut Gubernur Edy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya