Jadi Tuan Rumah Piala Asia, Menpora Harap Hoki Tembus Olimpiade

Menpora Zainudin Amali bersama Sekjen KOI Ferry Kono dan Ketum PP FHI Mayjen TNI Budi Sulistijono
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, meninjau langsung aksi Timnas Hoki Outdoor Putra Indonesia yang tampil di turnamen Men's AHF Cup (Piala AHF Putra) 2022, Kamis 17 Maret 2022.

Menpora Yakin Timnas Indonesia U-23 Libas Guinea

Pada laga terakhir di fase grup, Indonesia berhasil menumpas Iran dengan skor telak 7-0. Sebuah hasil positif yang membuka peluang tim Merah Putih untuk menyegel tiket ke Asian Games 2022.

Melihat torehan positif tersebut, Menpora Amali mengaku sangat senang melihat kebangkitan olahraga hoki di Tanah Air. Dia pun berharap ke depannya hoki bisa berbicara banyak dan meraih prestasi untuk Indonesia.

Animo Tinggi Masyarakat ke Indonesia U-23 Harus Dijaga, tapi Arahnya Positif

“Saya kira kejuaraan ini bagus, kita menjadi tuan rumah. Kejuaraan ini penting bagi tim hoki Indonesia mengasah kemampuan. Sebab kalau berlatih tiap hari tapi tidak ada turnamen percuma,” ujar pria asal Gorontalo kepada wartawan di Lapangan Hoki GBK, Jakarta, Kamis 17 Maret 2022.

“Saya harap Timnas Hoki Indonesia bisa berprestasi di tingkat Asia. Apalagi hoki ini termasuk cabor Olimpiade. Mudah-mudahan hoki Indonesia bisa lolos kualifikasi dan nantinya tampil di Olimpiade,” lanjutnya.

Menpora Lobi Pemerintah Jepang Agar Justin Hubner Dilepas ke Timnas Indonesia U-23

Menpora juga sangat puas mengetahui Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia Hoki Putra pada Mei 2022 mendatang. Dia menyatakan kejuaraan tersebut bisa dijadikan titik awal dari kebangkitan hoki di Indonesia.

"Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah turnamen yang diikuti oleh beberapa negara Asia. Ini sangat luar biasa. Olahraga hoki bangkit lagi,” jelas dia.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) Mayjen TNI AD Budi Sulistijono. Dia ingin hoki Indonesia bisa mengukir prestasi di tingkat dunia. 

“Saya tahu ada kabar Pak Menpora dan beberapa pejabat lainnya datang, tentu ini memberi dukungan kepada anak-anak. Kita ingin olahraga hoki ke pentas internasional,” kata Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya