Menpora Bicara Target Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, membeberkan target kontingen Merah Putih di SEA Games Vietnam 2021. Dia berharap Indonesia bisa mempertahankan raihan 72 medali emas namun tak mementingkan peringkat.

Sejak Desain Besar Olahraga Nasional diresmikan, SEA Games dan Asian Games disebut oleh Menpora hanya sebagai 'sasaran antara' saja lantaran targetnya adalah Olimpiade dan Paralimpiade. Kendati demikian, para atlet tetap harus menjalani dengan serius dua multievent tersebut.

Sebagai bukti, Amali tak mengirimkan atlet Indonesia untuk mengikuti seluruh seluruh nomor yang ada di SEA Games Vietnam 2021. Hanya sebagian cabor yang berpotensi meraih medali saja yang diikutsertakan untuk bertanding.

Dan itu berimbas pada jumlah kontingen yang dikirimkan ke ajang multievent dua tahunan tersebut. Tahun ini, Indonesia hanya mengirimkan 476 atlet dari 31 cabor.

Jumlah itu berkurang sekitar 43 persen dari edisi 2019 yang mengirimkan 841 atlet dari 52 cabor.

"Saya sudah sampaikan dalam SEA Games dan Asian Games kita tidak bicara target, (SEA Games dan Asian Games) sasaran antara saja," kata politisi Golkar tersebut ketika ditemui di Wisma Kemenpora, Rabu 30 Maret 2022.

"Kami akan kirim seperlunya walaupun kami mampu. Tapi semua itu kami tentukan untuk bisa lolos kualifikasi Olimpiade, namun demikian kami juga berikan toleransi kepada cabor-cabor yang memungkinkan untuk mendapatkan medali. Tapi dengan review ketat," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title