Ketua PB PON 2024 Sumut Gubernur Edy dan Ketua Harian Bobby Nasution

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kedua dari kiri) bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution mengumumkan keputusan pemerintah tentang larangan salat berjemaah Idul Adha di kota Medan untuk pengendalian COVID-19, Jumat, 9 Juli 2021.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara membentuk dan mengajukan struktur Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024. Provinsi Sumut selaku tuan rumah bersama dengan Provinsi Aceh.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Dari susunan struktur PB PON 2024, Ketua PB PON 2024 adalah Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Ketua Pelaksana Harian PB PON adalah Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution.

"Iya, Ketua PB PON bapak Gubernur Sumut dan Ketua harian, pak Bobby Nasution," ucap Anggota Komisi E DPRD Sumut, Hendro Susanto saat dikonfirmasi VIVA, Sabtu siang, 16 Juli 2022. 

PKB Dorong Edy Rahmayadi Kembali Maju di Pilgub Sumut 2024

Komisi E DPRD Sumut, merupakan mitra kerja dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut. Hendro pun mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan pertemuan dan rapat bersama Dispora Sumut mempertanyakan persiapan Sumut sebagai tuan rumah PON 2024. 

"Kita harus lebih baik dari Papua selaku tuan rumah bersama," tutur Hendro yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut.

Serius Maju di Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Sudah Ambil Formulir dari 5 Parpol

Sosok kedua kepala daerah tersebut, Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution menjabat diposisi strategis di PB PON Sumut. Karena, saat tahun 2024 nantinya, keduanya sudah tidak menjabat sebagai Gubernur Sumut dan Wali Kota Medan.

Menyikapi hal itu, Hendro mengatakan pihak menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dan KONI Pusat bagaimana keputusan tertuang dalam Surat Keputusan (SK) PB PON 2024. Sebab, sampai sekarang belum ada kabar keputusan pengajuan PB PON yang disampaikan Pemprov Sumut.

"Itu dilakukan saat dia masih kepala daerah, kita tunggu keputusan dari pusat dan KONI," ucap Hendro.

Pemprov Sumut memang sendiri mengajukan PB PON 2024 ke Kemenpora dan KONI di Jakarta, Senin 20 Juni 2022.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan sudah mengajukan PB PON ke Pemerintah Pusat dan KONI.

"Sudah (dibentuk PB PON).Segera (disampaikan), Saya baru menyurati ketua Umum KONI. Ketua Umum KONI membuatkan SK," kata Gubernur Edy.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, mengungkapkan setelah Surat Keputusan (SK) PB PON tahun 2024 Sumut-Aceh dikeluarkan. Baru kemudian, Gubernur Edy akan mengumumkan kepada publik.

"Baru saya bisa mengumumkan itu," ucap mantan Pangkostrad itu.

Saat ini, Pemprov Sumut bersama KONI Sumut tengah mempersiapkan untuk menyukseskan PON tahun 2024 di Sumut. Dengan mempersiapkan infrastruktur salah satunya, pembangunan Sport Center di Kabupaten Deli Serdang.

Kemudian, juga mempersiapkan para atlet dari semua cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di PON. Hal itu, untuk mencapai target perolehan medali bagi Sumut sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya