Ke Final Piala Asia Basket, Australia Buka Peluang Pertahankan Gelar

Australia vs Selandia Baru di Piala Asia Basket 2022
Sumber :
  • FIBA Basketball

VIVA Sport – Timnas Basket Australia berhasil jadi tim pertama yang menginjakkan kaki di final Piala Asia Basket 2022. Selangkah lagi, tim berjuluk Boomers itu bakal mempertahankan gelar juaranya di turnamen ini.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Australia memastikan langkahnya ke partai puncak Piala Asia Basket 2022 usai mengandaskan perlawanan Selandia Baru 85-76 dalam duel di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 23 Juli 2022.

Kemenangan ini membuat Australia, yang mulai berpartisipasi pada Piala Asia Basket 2017, meneruskan rekor 100 persen. Sejak 2017 sampai sekarang, 11 pertandingan dilewati dengan kemenangan.

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Namun, Selandia Baru jadi tim pertama yang kalah dari Australia dengan skor satu digit. Sebelumnya, Australia selalu menang dengan selisih minimal 14 poin dari lawan-lawannya.

Lima menit awal, Australia baru unggul 8-5. Kedua tim kemudian menemukan sentuhannya untuk menutup kuarter pertama 23-19 untuk Australia. 

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Kuarter kedua dimulai dengan tembakan tiga angka Samson James Froling yang dibalas jump shot dua angka Flynn Cameron. Tall Blacks, julukan Selandia Baru, kemudian merapat menjadi hanya tertinggal dua poin, 26-28 saat kuarter kedua berjalan hampir 2,5 menit. Saat halftime, Boomers menutup keunggulan 49-37.

Kuarter ketiga, Australia masih memegang kendali. Selandia Baru mencoba mengejar lewat beberapa tembakan tiga poin dari pojok lapangan, tapi Australia berhasil mempertahankan keunggulan 66-54 pada akhir kuarter tiga.

Kuarter pamungkas dibuka dengan tiga angka Cameron dan dua tembakan Timmins di paint area. Aksi Timmins dan Perrott-Hunt mengantarkan Selandia Baru hanya terpaut dua angka 73-75 dengan waktu 3 menit 37 detik tersisa. Namun tripoin Mcdowell-White saat waktu tersisa 47 detik menghentikan momentum Selandia Baru. Australia sudah tak terkejar dan menang 85-76.

Lima pemain Australia mencetak dobel digit, yakni Thon (18 poin), McDowell-White (15), Mitchell McCarron (13), Tyrese Proctor (13), dan Keanu Pinder (11). Dari Selandia Baru, empat pemain mencetak dobel digit yakni Jordan Hunt (16 poin), Timmins (16), Cameron (15), dan Perrott-Hunt (11).

"Kami ke sini bukan untuk main-main, tapi berusaha mempertahankan gelar juara yang kami raih sebelumnya. Jadi kami siap dan menantikan siapa pun lawan kami di final nanti," kata McCarron.

Sementara Proctor mengaku sangat bangga bisa mewakili Australia pada FIBA Asia Cup 2022 yang disebutnya sebagai turnamen besar.

"Saya pikir kami bisa menang karena chemistry, berbagi bola, dan kekompakan kami. Saya tak sabar bermain di final untuk meraih gelar juara," kata Proctor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya