Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

Konferensi pers Liga Champions Asia Basket 2024
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Jakarta – Indonesia akan mengirimkan dua wakil untuk mentas di Liga Champions Asia Basket 2024. Pelita Jaya dan Prawira Harum Bandung yang akan tampil di ajang bergengsi tersebut.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Pelita Jaya dapat tiket ini karena jadi runner up Indonesia Basketball League (IBL) 2024. Sementara Prawira Bandung adalah juaranya. Mereka akan mulai tampil di Liga Champions Asia Basket 2024 dari babak pertama.

"Liga ini baru pertama kali diadakan. Prawira yang kita kirim sebagai juara IBL musim sebelumnya, dan Pelita Jaya adalah runner up," kata Ketua Umum PP PBSI, Danny Kosasih dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu 22 Maret 2024.

Kunci Pelita Jaya Bekap Prawira Bandung dan Lolos Putaran Final BCL Asia

Liga Champions Asia Basket 2024 ini menjadi jenjang yang menjanjikan bagi klub-klub Indonesia. Karena setelah bisa jadi yang teratas di IBL, mereka berkesempatan uji kemampuan melawan juara-juara negara Asia lainnya.

"Sekarang kalau bicara IBL, kita punya jenjang berikutnya, di mana pemenang akan ikut kompetisi level ASEAN, Asia, sampai interkontinental," ujar Sekretaris Jenderal PP PBSI, Nirmala Dewi.

Pelita Jaya Bekap Wakil Malaysia di BCL Asia, Eks Pemain Houston Rockets Jadi Sorotan

Dikatakan Nirmala Dewi, Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa mengirimkan dua wakil, sementara ada yang cuma satu saja. Harapannya wakil Indonesia bisa tampil maksimal.

"Kita dapat jatah kirim dua klub, sementara dari negara lain  ada yang cuma satu klub. Untuk alasannya kami tidak tahu juga. Kami dari Perbasi berharap kedua tim yang mewakili Indonesia bisa memberikan penampilan terbaik," imbuhnya.

Pelita Jaya tergabung ke dalam Grup B Babak Pertama Liga Champions Asia Basket 2024 bersama Hi-Tech Bangkok City (Thailand), Adroit (Singapura), dan Ulaanbatar Xac Broncos (Mongolia).

"Persiapan Pelita Jaya menurut saya serius, karena kami akan kirim pemain terbaik. Kami berharap bisa lolos dan main di Jakarta, dan tentunya main lagi di level selanjutnya," Nugroho Budi Cahyono selaku perwakilan manajemen Pelita Jaya.

Sementara Prawira Bandung ada di Grup A dan bersaing dengan NS Matrix Deers (Malaysia), Bishrelt Metal (Mongolia), dan Hong Kong Eastern.

"Senang banget dan bangga bisa mewakili Indonesia di BCL ini. Semoga kami bisa memberi yang terbaik," ujar pemain Prawira Harum, Hans Abraham.

Dari setiap grup di Babak Pertama, akan lolos langsung ke Babak Kedua. Lalu mereka yang ada di peringkat kedua dan ketiga akan bertarung lewat play-off dan diambil dua terbaik.

Babak Pertama Liga Champions Asia Basket 2024 akan digelar di Mongolia pada 3 sampai 7 April 2024. Kemudian babak keduanya berlangsung di Jakarta pada 23 sampai 26 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya