Menpora Harap IOAC 2022 Jadi Ajang Jaring Talenta Muda untuk Pelatnas

Menpora Zainudin Amali dan dan Ketum PB PRSI, Anindya Bakrie
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 4th 2022 .

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Ajang ini berlangsung pada 12-19 Desember 2022 Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam sambutannya, Menpora Amali mewakili pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada induk cabang olahraga renang, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Bonus Rp23 Miliar dari 23 Pengusaha

“Pertama-tama pemerintah menyampaikankan apresiasi dan terima kasih kepada PRSI yang telah melaksanakan kegiatan Indonesia Open Aquatic Championship 2022 dan sudah tertunda selama dua tahun karena pandemi,” ujar Menpora Amali.

Dalam kesempatan ini, Amali kembali mengingatkan bahwa Renang merupakan salah satu cabang olahraga unggulan yang masuk di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Hal tersebut dikarenakan Renang merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade, selain itu hasil dari review bahwa Indonesia akan mengandalkan cabang-cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi.

“Salah satu pilihannya adalah cabang olahraga renang. Itulah sebabnya, saya menyambut baik apalagi informasi dari PRSI sekarang ini Tim Nasional (Pelatnas) Indonesia punya pelatih yang bagus. Oleh karena itu saya mendukung semua program yang dilakukan oleh PRSI,” tegas Menpora Amali.

Namun demikian, Amali menjelaskan bahwa cabang olahraga yang masuk di dalam DBON diterapkan sistem promosi dan degradasi, dimana cabang olahraga yang tidak berprestasi dalam kurun waktu tertentu akan dikeluarkan dari cabang olahraga unggulan dan akan digantikan dengan cabang olahraga yang bisa berprestasi.

Selain itu, Menpora Amali berharap Indonesia Open Aquatic Championship 2022 dimanfaatkan para atlet untuk bertanding dan menjaring talenta muda untuk tim nasional.

“Sekali lagi atas nama pemerintah saya mengapresiasi dan berterima kasih, terima kasih kepada PRSI dan terima kasih kepada Menteri BUMN karena sudah memutuskan dua BUMN yang akan yang memberikan dukungan kepada renang,” katanya.

Menpora berharap pemerintah dan stakeholder olahraga terus bersinergi, sehingga olahraga semakin maju dan target Indonesia 100 tahun Indonesia merdeka berada di peringkat 10 besar dunia tercapai.

“Selamat bertanding, semoga semuanya sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi," harapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya