Menjajaki Kemungkinan Atlet Rusia Tampil di Olimpiade 2024

Olimpiade Paris 2024
Sumber :
  • cgtn.com

VIVA Sport - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengabaikan seruan dari Ukraina untuk melarang atlet Rusia dan Belarusia berpatisipasi dalam Olimpiade Musim Panas Paris tahun depan. IOC mengatakan bahwa jalur partisipasi atlet harus "dikaji lebih lanjut."

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Sementara sebagian besar federasi internasional mengikuti rekomendasi IOC pada Februari 2022 lalu untuk melarang atlet Rusia dan Belarusia setelah invasi Moskow ke Ukraina, sudah muncul pertanyaan mengenai partisipasi mereka di Olimpiade 2024.

IOC sebelumnya menggambarkan masalah ini sebagai "dilema besar" yang telah dipolitisasi oleh masing-masing pemerintah yang mengintervensi untuk menghalangi keikutsertaan para atlet.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

"Tidak boleh ada atlet yang dilarang bertanding hanya karena paspor mereka," kata IOC, seperti disiarkan AFP, Kamis 26 Januari 2023. Oleh karena itu, jalur partisipasi atlet dalam kompetisi di bawah kondisi yang ketat harus dikaji lebih lanjut.

IOC juga mengatakan "sebagian besar peserta dalam setiap panggilan konsultasi" mendukung badan yang mengkaji reintegrasi atlet dari Rusia dan Belarusia, "dengan masing-masing Federasi Internasional menjadi satu-satunya otoritas untuk kompetisi internasionalnya."

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Selain itu, IOC "menyambut dan menghargai" tawaran Dewan Olimpiade Asia untuk menerima atlet Rusia dan Belarusia dalam pertandingan kualifikasi untuk Paris 2024. (Ant)

Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024

Timnas Indonesia U-23 membuka jalan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Hal tersebut usai Timnas Indonesia menaklukkan Timnas Korea Selatan di perempat final Piala Asia U 23

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024