Menpora Dito Fokus Perkuat Pondasi Olahraga yang Dibangun Zainudin Amali

Menpora, Dito Ariotedjo
Sumber :
  • foto:egan/kemenpora.go.id)

VIVA Sport– Dito Ariotedjo telah menjalani prosesi serah terima jabatan (sertijab) untuk jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). Sertijab ini berlangsung di Wisma Menpora, Kemenpora, Selasa 4 April 2023.

Sandiaga Uno: Radical Motorsport Diharapkan Bisa Mendorong Pariwisata Olahraga di Mandalika

Dito menggantikan Muhadjir sebagai Plt Menpora. Sebelumnya Muhadjir yang menjabat Menko PMK ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebaga Plt Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Dito mengatakan, dengan masa tugas hanya sekitar 1,5 tahun, dia berupaya menentukan skala prioritas dalam menjalankan tugas. 

Inovasi Penurunan Kelelahan Otot untuk Pencinta Trail Run

Salah satu fokus utamanya, yakni memperkuat pondasi olahraga yang sudah dibangun oleh Menpora sebelumnya, Zainudin Amali.

Dito mengakui apa yang sudah dilakukan Zainudin Amali saat menjabat sebagai Menpora sudah sangat baik. Apalagi, Kemenpora berhasil meraih status WTP sebanyak tiga kali.

Vibes Sehat, Perwira Pertamina Healing dengan Berolahraga Lari

"Apa yang ditinggalkan Pak Zainudin adalah rumah dengan pondasi yang sudah kuat. Tata kelolanya sudah baik, itu bisa dilihat dari tiga kali predikat WTP (wajar tanpa pengecualian) yang diterima Kemenpora (dari Badan Pemeriksa Keuangan/BPK)," kata Dito.

"Selain itu, ada dua perpres (peraturan presiden) yang lahir di era Pak Zainudin, antara lain mengenai DBON (Desain Besar Olahraga Nasional). Maka itu, ibarat rumah, saya tinggal mengisi interiornya saja,” ujar Dito.

Dito menjadi menteri termuda saat ini di Kabinet Presiden Jokowi. Menpora Dito kelahiran 25 September 1990, kini berusia 32 tahun. Dia pernah jadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022. 

Dito mengambil alih menteri termuda dalam kabinet Indonesia Maju, yang sebelumnya disandang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Saat itu, Menteri Nadiem berusia 35 tahun. 

Dia juga pernah tercatat meraih predikat 30 Under 30 oleh Forbes Indonesia pada 2020. Predikat itu diraih atas gerakan AMPI yang dipimpinnya saat itu. 

Disamping itu, Dito juga pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kemudian, Dito pada 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad membentuk RANS Sport. Ia juga menjabat sebagai Chairman RANS Nusantara FC dan bagian dari RANS PIK Basketball.

Adapun Amali memutuskan mundur dari Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Dia mengaku ingin fokus mengurus sepakbola Indonesia agar lebih baik.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya