SEA Games 2023: Tim Voli Putra Indonesia Terhindari dari Lawan Berat

Tim voli putra Indonesia di SEA Games 2021
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arsakha

VIVA Sport – Tim voli putra Indonesia tergabung ke dalam Grup A pada babak penyisihan SEA Games 2023 Kamboja. Hasil itu didapat setelah drawing dilakukan pada Rabu malam WIB 5 April 2023.

Dua Personel Polda Sumut Cetak Prestasi di Kejurnas Taekwondo dan Karate 2024

Dalam Grup A, Indonesia akan bersaing dengan Singapura dan Kamboja. Ini membuat skuad Merah Putih terhindari dari lawan berat.

Thailand dan Vietnam yang memiliki kekuatan bagus tergabung ke dalam Grup B. Mereka bersaing dengan Malaysia dan Myanmar untuk dapat tiket ke babak selanjutnya.

Ikuti AVC Challenge di Filipina, PBVSI Panggil 14 Pemain Putri dari Proliga

Timnas voli putra Indonesia di SEA Games 2021

Photo :
  • Tangkapan layar

Yang mengejutkan dari drawing kali ini adalah ketiadaan Filipina. Padahal mengutio Rappler, Federasi Bola Voli Filipina (PNVF) sudah menyiapkan tim.

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Akan tetapi, hingga berita ini ditayangkan, belum ada kabar pasti mengapa Filipina tidak ada dalam drawing SEA Games 2023.

Tim voli putra Indonesia diharapkan bisa meneruskan catatan di SEA Games 2021 Vietnam. Di mana Doni Haryono dan kawan-kawan berhasil menggondol medali emas usai mengalahkan Vietnam dalam tiga set langsung.

Kemenangan itu menegaskan Indonesia sebagai tim kuat dalam cabang olahraga voli Asia Tenggara. Mengingat pada SEA Games 2019 Filipina, raihan medali emas juga didapat setelah menang 3-0 atas tuan rumah.

Tim voli putra Indonesia di SEA Games 2021

Photo :
  • Tangkapan layar

Rivan dan Doni Belum Gabung Pelatnas

Saat ini tim voli putra Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor. Program ini telah berlangsung sejak 27 Maret 2023.

Akan tetapi, para pemain yang dipanggil masih belum semuanya datang. Rivan Nurmulki dan Doni Haryono masih belum bisa datang ke Pelatnas.

Skuad Merah Putih tengah melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat sejak 27 Maret lalu.

"Rivan masih ada urusan dinas (kepolisian) di Surabaya. Besok baru sampai di Sentul. Dia masih punya komitmen dan motivasi untuk meraih emas bagi Indonesia,” kata penanggung jawab Timnas Indonesia, Loudry Maspaitella.

Sementara Doni masih berada di Jepang. Dia tengah mengikuti jalannya Liga, dan direncanakan baru akan tiba di Indonesia pada 15 April 2023 mendatang.

“Namun, Dony baru akan bergabung tanggal 18 April mendatang, karena akan ke orang tuannya dulu, karena dia lama di Jepang. Dia masih ada di Jepang saat ini,” tutur Loudry.

Selain Rivan dan Doni, tim voli putra Indonesia akan diperkuat oleh Dio Zulfikri, Muhammad Malizi, Nizar Julfikar, Farhan Halim, Fahreza Rakha Abhinaya, Hernanda Zulfi, dan Yuda Mardiansyah Putra.

Sementara lima pemain yang ikut SEA Hames 2021, yakni Irpan, Dimas Saputra, Rendy Febriant Tamamilang, Daffa Naufal, dan Sigit Ardian tak masuk dalam daftar skuad kali ini. Nama baru menggantikannya adalah Boy Arnez, Hendra Kurniawan, Henry Ade Novian, Fahri S. Putratama, dan Agil Angga Anggara. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya