Penyelenggaraan BLOT 2023, Menpora Dito: Satu Acara Targetnya Tercapai Banyak

Menpora, Dito Ariotedjo didampingi Wagub Sumut, Musa Rajekshah menghadiri BLOT d
Sumber :
  • BS Putra (Medan)/ VIVA

VIVA Sport – Penyelenggaraan Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023 mendapatkan pujian dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Karena, menggelar event sport tourism, yang mampu mendorong ekonomi masyarakat, sekaligus mempromosikan objek wisata Bukit Lawang.

Airlangga Ogah Komentar soal Menpora Dito Disebut Terima Rp27 Miliar Kasus BTS

"Kita sangat mengapresiasi Pak Ijeck yang telah menginisiasi acara yang bertujuannya mulia," sebut Menpora, Dito mengahadiri BLOT di Terminal Puncak Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat, Sabtu 27 Mei 2023.

Menurut Dito, banyak target tercapai dalam satu event ini, mulai dari promo pariwisata, wadah meningkatkan prestasi olahraga hingga kehadirannya di Bahorok.

Bupati Belitung Timur Siap Dukung Kejuaraan Tarkam Kemenpora

“jadi ini satu acara tapi targetnya tercapai banyak. Pertama adalah mempromosikan Bukit Lawang, dimana sekarang jadi semua orang tahu bahwa di Bukit Lawang ini ada magnetnya yaitu orangutan dan sudah ada hotel yang bagus,” sebut Dito.

Selain itu, event ini lanjut Dito juga punya dampak kepada pengembangan sport tourism, khususnya dalam pengembangan dan pembinaan atlet-atlet di Indonesia.

Menpora Dito Bangga dengan Perjuangan Harris Haratius Raih Emas Asian Games

“Acara ini punya impact pada sport tourism, menjadi motor karena ini merupakan tujuan utama dari Kemenpora bersama Bapak Sandiaga Uno, kita ingin mengencangkan promosi daerah ini dengan menggabungkan antara turis, entertainment dan juga prestasi olahraga,” katanya.

Ketiga, lanjut Dito kehadirannya mewakili pemerintah pusat sehingga dapat secara langsung menyampaikan semua harapan masyarakat kepada Presiden RI. 

“Kita tadi dari bandara menuju sini sudah lihat infrastrukturnya memang ada beberapa jalan-jalan yang bolong dan akan segera saya laporkan ke Bapak Presiden Jokowi, dan benar Bapak Jokowi November akan hadir di acara rally dan semoga kita juga bisa bawa Bapak Presiden melihat Langkat juga, minimal kalau enggak ke atas gunung yah ke Tangkahan lihat gajah,” ujar Dito.

Dito mengaku datang ke Bukit Lawang ingin melihat orangutan, tanpa segan ia pun mengajak Wagub Ijeck untuk menemaninya.

“Moga-moga dapat berkah juga ketemu orangutan karena saya ke sini minat orangutan sebenarnya Pak Ijeck, dan inilah yang menjadi menarik dari acara ini karena selain mental dan fisik para peserta ini juga diberikan experience pelestarian alam dan juga melihat hewan khas Indonesia, orangutan,” ujarnya.

Dito mengaku mendukung acara ini bisa menjadi event dunia. Selain melaporkan ke Presiden terkait Bukit Lawang, ia juga berjanji akan mendorong investor-investor swasta untuk bisa hadir di Bukit Lawang.

“Semoga event ini tidak hanya jadi event lokal tapi masuk ke nomor internasionalnya, jadi ini bisa jadi event para atlet dunia menambah poin buat perolehan internasionalnya. Nanti kota coba dorong investor-investor swasta datang karena harusnya sih gabungan dari bukit Lawang dan Langkat ini sangat menarik,” katanya.

Sementara itu, Wagub  Musa Rajekshah berharap kehadiran Menpora Dito bisa menambah kemajuan BLOT ke depan. “Kami sangat bangga dan senang bisa hadir di sini beginilah keadaannya belum sempurna tapi dengan hadirnya Menpora Dito Insya Allah, akan lebih baik ke depan,” katanya.

Diharap Ijeck, kehadiran Menpora bisa mendorong berbagai program dari pemerintah pusat untuk pembangunan di Sumut, khususnya Kabupaten Langkat.

“Bukit Lawang saya tanya Pak Bupati katanya dari tahun 80-an udah terbuka menjadi tempat wisata, dan sudah dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Saya harap entah itu dari APBN atau program Menpora bisalah ke sini. Kunjungan turis itu di Sumut ada tiga tempat Kepulauan Nias, Danau Toba dan Bukit Lawang ini,” ujar Ijeck.

“Saat bertemu dengan Pak Presiden, saya sampaikan Bapakkan sudah datang ke Kepulauan Nias, Danau Toba, harapan kami sekali lagi kunjungan bapak datanglah pak ke Bukit Lawang karena wisatawan mancanegara yang hadir ke Sumatera Utara yah ke tiga tempat itu jadi harapan kami bisa banyak dibantu di sini, khususnya untuk jalan kalau bisa menjadi jalan nasional,” katanya.

Ijeck juga berharap bantuan dari seluruh masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik. “Kita juga mohon dukungan masyarakat untuk jadi tuan rumah yang baik karena potensi desa-desa wisata di Bahorok ini luar biasa. Kami akan coba lihat juga dari pemerintah provinsi hal-hal lain yang bisa kita dorong bersama pemerintah Kabupaten Langkat nanti,” tutup Ijeck. 

Hadir bersama Ijeck menyambut Menpora, Pangdam Pangdam I/ BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Plt Bupati Langkat Syah Afandin dan seluruh OPD terkait di Provinsi Sumut dan Kabupaten Langkat.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya