Incar Medali Emas PON 2024, Basket Sumut Andalkan Tim 3x3

Perbasi Sumatera Utara saat menggelar konferensi pers persiapan hadapi PON 2024
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Tim basket 3x3 Sumut diharapkan mampu mendulang medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut. Saat ini sedang menjalani Pelatda PON 2024 yang berlangsung mulai Januari 2023.

Musa Rajekshah: Bismillah, Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Ketum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumatera Utara (Sumut), Iwan Hartono Alam mengatakan, selain 3x3, tak menutup kemungkinan tim 5x5 juga akan mendulang prestasi di PON 2024.

"Target medali tentu akan kami perjuangkan untuk PON 2024. Ada 4 medali emas yang diperebutkan, yakni 3x3 dan 5x5 untuk putra dan putri. Mudah-mudahan dari 3x3 bisa meraih emas atau pun perak, atau paling tidak perunggu untuk tim putra dan putri," ungkap Iwan Hartono Alam di Posko Publikasi PON 2024 wilayah Sumut, Senin 12 Juni 2023.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Didampingi Bendahara Robin Winarta dan Bidang Organisasi Abdul Latif Rusli, Iwan berharap target tersebut tercapai sekaligus memperbaiki catatan di PON Papua. Saat itu, Sumut hanya mengirimkan tim 3x3 dan pulang tanpa medali.

Perbasi Sumatera Utara saat menggelar konferensi pers persiapan hadapi PON 2024

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution
Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Makanya untuk PON 2024, Perbasi Sumut tentu ingin tampil full team dengan mengikutsertakan tim 5x5. Apalagi PON 2024 ini Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh. 

"Kami berharap 5x5 ini pada Juli sudah mulai masuk Pelatda. Kami akan berusaha maksimal agar 5x5 juga bisa dapat medali," tambahnya.

Target medali diakui akan dibarengi dengan rencana try out. Perbasi Sumut membidik Jakarta menjadi salah satu lokasi try out. 

"Akan coba try out ke Jakarta atau daerah lebih baik untuk meningkatkan prestasi. Dearah dari Jawa seperti DKI, Jatim dan Jabar sangat terberat di PON nanti," tambahnya.

Sementara bidang organisasi Abdul Latif menjelaskan, para atlet saat ini sedang digembleng di GOR Basket yang berada di kawasan Sports Centre, Jalan Pancing. Tim 3x3 putra dan putri masing-masing berisi lima atlet.

Untuk 3x3 putra diisi Egi, Marjan, Daffa, Billy dan Joan. Mereka diasuh Pelatih Hidayat. Sementara untuk 3x3 putri ada Asima, Natalia, Tasya, Rahel dan Nadya serta Donal Marpaung sebagai pelatih. 

"Untuk tim 5x5 juga sudah persiapan mandiri. Tim putra dilatih Jetro Marpaung dan putri dilatih Jeni," ujar Latif.

Untuk regulasi di PON, Latif menyebut 3x3 untuk kelahiran 2001 dan 5x5 kelahiran 2002. Batasan usia diakui menguntungkan Sumut. 

"Karena untuk tim junior, kita gak kalah. Untuk di tingkat SMA (pelajar), kita hebat. Saat senior justru menurun," sambungnya. 

Sebelumnya, Posko Publikasi PON 2024 wilayah Sumut untuk cabor basket dibuka Jonny Siahaan mewakili Dispora Sumut. hadir juga Wasping basket dari KONI Sumut, Ferry Iskandar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya