Bawa Denver Nuggets Juara NBA 2023, Ini Profil Nikola Jokic

Center Denver Nuggets, Nikola Jokic
Sumber :
  • Twitter/@NBA

VIVA Sport - Denver Nuggets berhasil menumbangkan Miami Heat pada game pertama NBA Finals 2023 dengan skor 104-93 di Ball Arena pada Senin lalu, 5 Juni 2023. Di mana Nikola Jokic menjadi bintang kemenangan Nuggets.

Pelita Jaya Bekap Wakil Malaysia di BCL Asia, Eks Pemain Houston Rockets Jadi Sorotan

Namun sayang, di pertemuan keduanya Denver Nuggets harus mengakui keunggulan Miami Heat dengan skor tipis 108-111. Meskipun dalam laga tersebut, Nikola Jokic mampu menyumbangkan 41 poin.

Akan tetapi pada laga selanjutnya, Denver Nuggets berhasil meraih kemenangan atas Miami Heat dengan skor agregat 4-1 serta memastikan Nikola Jokic dan kawan-kawan meraih gelar juara NBA 2023 sejak terakhir kali pada tahun 1975.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

- Profil Nikola Jokic

Pemain Denver Nuggets, Nikola Jokic.

Photo :
  • AP Photo/Nate Billings
Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Nikola Jokic merupakan pemain basket profesional yang memiliki kewarganegaraan Serbia serta bermain untuk Dever Nuggets. Ia lahir pada 19 Februari 1996 kini usianya 28 tahun.

Selain itu, Nikola Jokic telah terpilih sebanyak lima kali untuk Tim All NBA, tiga diantaranya menjadi pilihan utama serta memenangkan Penghargaan Pemain Paling Berharga di NBA pada musim 2020/2021 dan 2021/2022. Ia juga telah mewakili negaranya di ajang Olimpiade musim panas pada 2016.

Nikola Jokic dijuluki sebagai 'The Joker', pada musim NBA 2018-19, saat memimpin Denver Nuggets ke Semifinal Wilayah Barat, dia menerima penghargaan All-Star dan All-NBA First Team untuk pertama kalinya.

Denver Nuggets juara NBA

Photo :
  • ap

Musim berikutnya, Nikola Jokic sekali lagi menerima penghargaan All-Star dan All-NBA, sambil memimpin timnya ke Final Wilayah Barat. Pada musim NBA 2022–23. Ia juga dianugerahi MVP Final NBA setelah memimpin Nuggets meraih kemenangan Final NBA pertama mereka. Ia juga masuk dalam daftar 10 pemain NBA sepanjang masa dengan triple-double terbanyak.

- Kehidupan Nikola Jokic

Nikola Jokic saat duel Denver Nuggets vs Miami Heat

Photo :
  • AP Photo/David Zalubowski

Nikola Jokic lahir di kota Sombor bagian Utara Serbia. Ayahnya merupakan seorang insinyur pertanian. Ia mengembangkan kecintaannya terhadap bola basket ketika bermain dengan kedua kakaknya yaitu Strahinja dan Nemanja.

Selain mahir dalam dunia basket, Nikola Jokic memiliki bakat terdepan lainnya yaitu bermain pacuan kuda. Ia juga sempat mengikuti kompetisi pacuan kuda. Keinginan untuk kembali ke balapan kuda masih ia pendam sampai sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya