Tatap Basketball Champions League, Pelita Jaya Rekrut Eks Dallas Mavericks

Pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta JaQuori McLaughlin
Sumber :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

Jakarta Pelita Jaya Bakrie Jakarta menunjukkan keseriusan dalam mengarungi Basketball Champions League (BCL) Asia. Mereka langsung memperkenalkan dua pemain asing baru.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Salah satunya bukan pemain sembarangan. JaQuori McLaughlin tercatat pernah memperkuat Dallas Mavericks di NBA pada 2021-2022. Dia tercatat empat kali tampil di NBA.

Selain itu ada Justin Brownlee. Dia merupakan pemain naturalisasi Timnas Filipina yang lahir di Amerika Serikat.

Kunci Pelita Jaya Bekap Prawira Bandung dan Lolos Putaran Final BCL Asia

"Saya rasa sangat membanggakan bisa mewakili Indonesia di BCL bersama Prawira Bandung. Harapan saya bisa saling mendukung apapun di manapun karena ini kancah internasional yang pertama kali dibikin FIBA," kata Presiden Pelita Jaya, Andiko Ardi Purnomo di Jakarta, Rabu 20 Maret 2024.

"Pelita Jaya antusias sekali menghadapi BCL bukan cuma asal berangkat saja. Peluang kita lumayan bagus. Kita serius makanya mendatangkan dua pemain asing baru," lanjut Diko.

Pelita Jaya Bekap Wakil Malaysia di BCL Asia, Eks Pemain Houston Rockets Jadi Sorotan

Siap Tempur di Mongolia

Pelita Jaya tergabung di Grup di B di putaran pertama Kualifikasi BCL yang digelar di  Ulaanbaatar, Mongolia, 3-7 April 2024.

Grup B dihuni oleh Hi-tech Basketball Club (Thailand), Juara Liga Bolabasket Mongolia 2023-2024, Adroit Club (Singapura) dan runner-up IBL 2023, Pelita Jaya Jakarta.  

Konferensi pers Pelita Jaya Bakrie menuju Basketball Champions League Asia

Photo :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

"Yang penting adalah recovery. Perjalanan ke Mongolia cukup panjang. Belum lagi perbedaan suhunya. Itu tempat terdingin. Pemain harus menghadapi situasi ini," kata pelatih Pelita Jaya, Johannis Winar yang kerap disapa Coach Ahang.

Sementara itu, Diko membeberkan target Pelita Jaya di BCL kali ini. Yakni terlebih dahulu lolos ke putaran kedua.

“BCL ini hal yang baru bagi kita semua. Kita harus melihat tim sekarang. Ada pemain asing lagi. Target step by step ke round 2 dulu. Belum tahu seperti apa di sana, lawannya seperti apa. Baru kalau lolos kita tetapkan target lagi," ucap Diko.

Peringkat pertama Grup A dan B di putaran pertama babak kualifikasi ini dipastikan akan melangkah ke putaran kedua. Sementara, dua slot tersisa akan diperebutkan dengan dua pertandingan lainnya, yaitu runner up Grup A melawan peringkat ketiga Grup B, dan runner up Grup B kontra peringkat ketiga Grup A.

Putaran kedua Kualifikasi BCL 2024 akan bergulir di Jakarta pada 23-26 April 2024. Fase ini menggunakan format pertandingan single-round robin untuk menghasilkan dua klub terbaik untuk melangkah ke BCL Asia yang diisi oleh wakil-wakil dari Jepang, Korea Selatan, China, Filipina dan dua klub Asia Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya