Pelajar SMPN 3 Binjai Sabet Medali Emas di Kejuaraan Taekwondo Kapolri Cup

Birza Reyvanda Putra (tengah) saat meraih medali emas di Kejuaraan Taekwondo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Birza Reyvanda Putra, pelajar asal SMP Negeri 3 Kota Binjai, berhasil menorehkan prestasi terbaiknya dengan menyabet medali emas di Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5 berlangsung di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, 1 hingga 4 Maret 2024.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Birza Reyvanda Putra memboyong medali emas, dalam kategori Kyorugi Prestasi Kadet Putra Under 45 kilogram. Pelajar yang akrab disapa Birza itu merupakan anak bungsu dari empat bersaudara.

Birza lahir di Sei Semayang, 25 Juli 2011 dari pasangan suami istri Bambang Irwanto (41) dan Iis Anggraini (40). Kepala Sekolah SMPN 3 Binjai, Eka Mutia Khairuma merasa bangga atas prestasi yang telah didapat Birza.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

"Alhamdulillah saya sebagai kepala sekolah SMPN 3 Binjai merasa bangga sekali punya siswa Birza Reyvanda Putra, yang kemarin meraih medali emas dalam Kejuaraan Taekwondo Garuda Bhayangkara Presisi Tingkat Nasional Kapolri Cup ke-5, Kategori Kyorugi Prestasi Kadet Putra Under 45 Kg," ucap Eka, Senin 18 Maret 2024.

Birza saat ini masih duduk dibangku kelas VII 1 SMP itu. Karena Birza, ekstrakurikuler taekwondo ditambah di SMPN 3 Binjai.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

"Karena Birza inilah terinspirasi, karena begitu datang Birza langsung menunjukkan prestasi yang sangat luar biasa. Kami memanggil orangtuanya, dan Alhamdulillah ditanggapi dengan baik oleh orangtuanya. Dan di tahun 2024 ini, kami memasukkan taekwondo salahsatu ekstrakurikuler di SMPN 3 Binjai," ujar Eka.

Ia berharap kepada Birza, agar akademis tetap nomor satu. "Dan untuk kegiatan taekwondonya memperkuat Birza untuk berprestasi. Dan Birza ini juga masuk pengurusan OSIS, seksi olahraga," ujar Eka.

Eka menjelaskan, prestasi yang diraih Birza sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Binjai. "Alhamdulillah, kami kan punya grup WhatsApp, jadi setiap kami mendapat penghargaan, atau ada siswa-siswi yang berprestasi, itu selalu kami sampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Binjai. Dan kepala dinas hari ini memohon maaf tidak bisa hadir, masih ada kegiatan yang lain. Gitupun sudah saya sampaikan secara langsung," tutup Eka.

Sementara itu, prestasi yang diraih Birza tak terlepas dari dukungan kedua orang tua. Ditambah lagi, sang ayah, Bambang juga menjadi pelatih Birza hingga sukses meraih medali emas.

Bahkan torehan prestasi itu bukanlah hal yang mudah. "Yang pertama kita melakukan program latihan yang berkesinambungan, dengan intensitas yang baik bagi teknik maupun fisik. Dituntut juga atlet yang akan bertanding agar psikologisnya agar lebih baik, dan persiapan yang matang," ujar Bambang.

Sebelum berangkat ke kejurnas beberapa bulan sebelumnya, Birza sudah melakukan banyak persiapan. "Pada saat kita berangkat ke Piala Kapolri ke-5, tentunya ada beberapa bulan persiapan. Sehingga pada saat pelaksanaannya tampil dengan baik. Alhamdulillah anak kita mendapat medali emas," ujar Bambang.

"Kalau kendala sendiri, misalnya waktu untuk berlatih. Anak kita ini masih duduk di bangku kelas VII SMP, tentunya menyesuaikan jadwal akademis untuk belajar. Dengan demikian program yang kita lakukan ini sinkron, sehingga tingkat kesulitan itu bisa kita tempuh dengan baik untuk mencapai prestasi kedepan lebih baik," sambungnya.

Ia menambahkan, semua lawan yang dihadapi Birza hingga meraih medali emas, terbilang imbang dan bagus-bagus. Saat final, Birza berjumpa dengan lawan dari DKI Jakarta, yang memang sama-sama mempunyai teknik, fisik, dan serangan yang baik.

"Alhamdulillah untuk kategori prestasi ini, Birza memberikan hasil yang terbaik, yaitu medali emas," ujar Bambang.

Birza juga pernah mengikuti kejuaraan di Malaysia Open Championship yang digelar di Kuala Lumpur. Pada saat itu juga Birza mengikuti kategori prestasi, dan berhasil memperoleh medali emas.

"Harapan saya, Birza tetap semangat dan ini merupakan prestasi yang harus ditingkatkan. Tentunya kami juga memohon doa dan dukungan dari pihak terkait untuk mendukung atlet kita menuju prestasi. Apalagi nanti untuk event kedepan bisa kita ikuti, terutama memperkuat Sumatera Utara di PON bahkan di Olimpiade, Sea Games, ataupun event lainnya," ucap Bambang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya