Ratusan Atlet Jembrana Bali Bersaing di Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023

Ratusan atlet ambil bagian dalam Kejuaraan Tarkam 2023 Kemenpora
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Ratusan atlet ambil bagian dalam Kejuaraan Tarkam 2023 Kemenpora di Desa Kaliakeh, Negara, Jembrana Bali. Pembukaan Kejuaraan Tarkam 2023 Jembrana dimulai pada Sabtu  26Agustus 2023

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

Sama dengan Tangerang Selatan, Jembrana memilih untuk menggelar tiga cabor. Cabor itu antara lain Voli, atletik, dan bulu tangkis. Dari ajang tersebut, nantinya akan dipilih yang terbaik untuk dipersiapkan tampil di seri nasional. 

Opening ceremony diawali dengan pertunjukan kesenian tari Bhakti Marga yang diiringi dengan Gamelan Tingklik Giri. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan senam. Kemeriahan begitu terlihat, karena lebih dari 500 orang hadir dalam acara pembukaan ini. 

Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menjelaskan bahwa Kejuaraan Tarkam 2023 di Jembrana pasti berjalan dengan seru dan kompetitif. Pasalnya,  daerahnya itu dikenal sebagai kabupaten yang Makepung. 

"Masyarakat Jembrana ini dikenal semangat dan gigih dalam perjuangan untuk kemenangan, karena itu pertandingan pasti akan menarik dan persaingannya pasti akan sangat ketat," tuturnya. 

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Pemerhati olahraga I Kade Joni Asmara Adi Putra mengaku sangat senang dan bangga melihat Jembrana bisa menggelar Kejuaraan Tarkam serta dipercaya untuk menjadi salah satu dari titik pelaksanaan ajang ini.
 
"Ada segudang manfaat yang bisa dirasakan. Ajang ini jangan hanya ditujukan untuk memassalkan Olahraga, tetapi juga upaya mengembangkan kesadaran
masyarakat dalam meningkatkan Kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial," tuturnya. 

Kejuaraan Tarkam 2023 di Jembrana sendiri dibuka oleh perwakilan Kemenpora, yakni Staf Ahli Bidang Hukum Samsudin. Menurutnya, partisipasi tinggi dari masyarakat menunjukkan ada masa depan cerah untuk olahraga Indonesia. 

Apalagi, Perpres tentang desain besar olahraga nasional (DBON) sudah ada sehingga ajang ini bisa menjadi langkah pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan pembinaan berjenjang dan berkelanjutan. Dengan begitu, peningkatan prestasi olahraga Indonesia bisa dicapai.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Samsudin, Kemenpora bersinergi dengan Dispora daerah, IGORNAS, KONI, serta lembaga pembina olahraga lainnya.  

"Bapak Presiden Jokowi melalui Menpora Dito berharap agar Kejuaraan Tarkam ini menjadi ajang untuk merekatkan masyarakat sehingga lebih guyub melalui kegiatan olahraga serta pula sebagai sarana menjaring potensi-potensi olahraga daerah," tandasnya. 

Antusiasme masyarakat Jembrana dalam ajang Kejuaraan Tarkam 2023 ini memang cukup tinggi. Bukan hanya di sektor putra, sektor putri pun banyak yang ambil bagian. Karena itu, ratusan atlet menjadi peserta dalam ajang ini. 

Hadir juga dalam pembukaan perwakilan DPRD Jembrana, Kadispora I Gusti Putu Anom Saputra serta Forkopimda Jembrana lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya