Deretan Atlet Indonesia Cetak Rekor Baru di Asian Games 2023

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah
Sumber :
  • AP Photo/Louise Delmotte

Jakarta – Atlet Indonesia ada yang berhasil mencetak rekor baru di Asian Games 2023. Raihan yang turut memberi catatan positif bagi kontingen Merah Putih yang tampil di ajang empat tahunan tersebut.

2 Atlet Asal Kalbar Akan Wakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Mengutip siaran pers Komite Olimpiade Indonesia, atlet Indonesia yang sukses mencetak rekor dunia di Asian Games 2023 adalah Rahmat Erwin Abdullah. Turun di cabang olahraga angkat besi nomor 73kg, dia mempertajam rekor sendiri.

Pada Asian Games 2023 Hangzhou, Rahmat Erwin Abdulla melakukan angkatan clean & jerk dengan bebas 201kg. Itu lebih dari  yang sebelumnya dilakukan di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022, seberat 200kg. Ini sekaligus menjadi rekor baru Asia.

Magnus Iron Games Cetak Sejarah Dunia Powerlifting Indonesia

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah

Photo :
  • AP Photo/Louise Delmotte

Apa yang dicapai Rahmat Erwin itu sekaligus memecahkan rekor Asian Games. Karena sebelumnya ada rekor milik lifter Thailand, Weeraphon Wichuma dengan angkatan clean & jerk seberat 195kg.

Menjaga Tradisi Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Rahmat Erwin dua kali memecahkan rekor dengan total angkatan 354kg. Catatan Weeraphon Wichuma sebelumnya adalah 351kg. Menariknya, lifter Indonesia bisa mempertajamnya dengan angkatan 359kg.

Rekor Asian Games juga berhasil diukir oleh atlet panjang tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi. Dia memecahkan rekor dengan catatan waktu 6,600 detik di nomor speed putri.

Atlet panjat tebing putri Indonesia Desak Made Rita Kusuma

Photo :
  • ANTARA/HO-FPTI

Rekor yang dia lewati adalah milik atlet Indonesia lainnya, Aries Susanti Rahayu dengan catatan waktu 7,612 detik pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil mengukir rekor baru di Asian Games 2023 Hangzhou. Dia memiliki catatan waktu 4,978 detik di nomor speed putra.

Dia berhasil memecahkan rekor lama milik Reza Alipour Shenazandi Fard asal Iran dengan catatan waktu 5,633 detik pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Menariknya, Veddriq berhasil mempertajam rekor atas nama sendiri pada babak final bronze Asian Games 2023 Hangzhou. Karena catatan waktunya adalah 4,955 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya