Asosiasi Olympian Indonesia Gelar Aksi Sosial

Aksi sosial Asosiasi Olimpian Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Asosiasi Olympian Indonesia (IOA) menggelar aksi sosial pada Minggu Sabtu 24 Februari 2024. Mereka menggandeng pula Olympian asal Jepang, Kyoko Iwasaki dalam acara ini.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

IOA menggelar aksi sosial ini dengan pelajaran renang penyelamatan diri bertema Clothed Swimming and Olympian Action Project. Ada pula aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan.

Clothed Swimming and Olympian Action Project dilaksanakan di kolam renang Hotel Dinasty Ancol dengan melibatkan 35 peserta. Para peserta terdiri dari siswa/siswi, guru olahraga, dan pembina dari SMAN 40, SMAN 41, SMA N 110, SMK Pelayaran Jakarta.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

Aksi sosial Asosiasi Olimpian Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Sementara untuk kegiatan bersih-bersih pantai dilakukan di Pulau Untung Jawa. Sebanyak 59 Olympian Indonesia terlibat dalam aksi sosial ini.. 

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Dalam menyelenggarakan acara ini, IOA bekerja sama dengan Asosiasi OlympianJepang (OAJ). Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tutur memberi dukungan.

Kyoto Iwasaki yang pernah meraih medali emas Olimpiade 1992 Barcelona dan Olimpiade 1996 Atlanta mengatakan, aksi sosial seperti bersih pantai sering dilakukan di Jepang. Untuk kerja sama dengan pihak luar, Indonesia adalah yang pertama.

"Pelajaran renang penyelamatan diri dan bersih-bersih sampah di pantai sudah menjadi program rutin yang saya ĺakukan di Jepang. Dan, Indonesia menjadi negara pertama dalam program ini. Ke depan, negara-negara Asia Tenggara lainnya jadi target," kata Kyoko Iwasaki.

Aksi sosial Asosiasi Olimpian Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Wakil Sekretaris Jenderal IOA, Akbar Nasution mengatakan pihaknya senang sekaligus bangga bisa menggelar acara ini. Dia berterima kasih kepada pihak yang turut memberi dukungan.

"IOA senang dan bangga bisa melakukan kegiatan positif berupa pelajaran renang penyelamatan diri dan kegiatan bersih-bersih pantai dalam menjaga lingkungan. Terima kasih Kemenpora dan Basarnas yang telah memberikan dukungan," kata Wakil Sekjen IOA, Akbar Nasution. 

Ridho Wahyudi selaku perwakilan Asdep Olahraga Pendidikan Kemenpora turut hadir dalam acara ini. Bisa memberi dukungan menurut dia sudah membuat mereka senang.

"Kemenpora senang bekerjasama dengan IOA dalam rangka memberikan pelajaran renang untuk penyelamatan diri dari banjir bagi siswa-siswi SMA Jakarta," kata Ridho Wahyudi.

PAC Direktorat Bina Potensi Basarnas Pusat, Edi Herryanto turut memberi apresiasi adanya acara ini. Materi yang disampaikan dalam Clothed Swimming and Olympian Action Project dinilai membantu pihaknya.

"Kegiatan IOA sangat membantu Basarnas dalam mengurangi impact dari sebuah kejadian. Jadi, mereka yang ikut bisa menolong diri sendiri dan juga orang lain dari korban. Kegiatan ini akan kita teruskan dengan program SAR Go to School apalagi kita sudah punya 34 Kantor SAR di seluruh Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya